Mudah Layu? Ini Tips Memetik Bunga yang Sebaiknya Anda Tahu

Pertanianku — Apakah Anda gemar memetik bunga untuk disimpan di dalam ruangan? Sayangnya, bunga yang sudah dipetik sering kali cepat mengalami kelayuan. Berikut ini tips mengurangi layu pada bunga yang baru dipetik.

mengurangi layu pada bunga
Foto: pexels

Pertama, simpan bunga yang sudah dipetik di dalam vas bunga. Selain bisa memperindah bunga tersebut, vas bunga juga digunakan agar bunga tetap tersimpan dalam keadaan tegak. Isi vas bunga dengan air sehingga bunga tetap memperoleh kelembapan.

Cara kedua adalah dengan menghindarkan bunga dari cahaya matahari secara langsung. Cahaya matahari yang panas bisa mempercepat kelayuan bunga. Bunga yang sudah layu pun akan sulit menjadi segar kembali.


Loading...

Anda bisa meletakkan bunga di dalam ruangan yang terlindungi atau memiliki penutup seperti tirai pada jendela. Bunga juga bisa Anda letakkan di bagian tengah ruang tamu, meja belajar, atau sebagainya yang jauh dari jendela.

Ketiga, walaupun sudah dipetik, sebaiknya Anda tetap menyiram bunga tersebut. Siram bunga setiap pagi agar tetap mendapat kelembapan dari air. Tidak perlu dengan air dalam jumlah banyak, cukup disemprot dengan semprotan kecil agar tetap basah. Lakukan penyemprotan pada setiap pagi hari.

Cara keempat adalah dengan membuang kelopak yang sudah layu. Jika Anda mendapati bunga yang Anda simpan sudah mulai mengalami kelayuan, sebaiknya buang bagian bunga yang sudah layu. Petik bagian yang sudah layu kemudian singkirkan. Dengan demikian, bunga pun akan terlihat segar lebih lama.

Terakhir, berikan pupuk di dalam vas yang Anda gunakan untuk menyimpan bunga. Pupuk yang diberikan pun bisa pupuk apa saja. Anda bisa menggunakan pupuk organik ataupun pupuk buatan. Penggunaan pupuk ini berguna untuk membuat kesegaran bunga menjadi lebih tahan lama.

Baca Juga:  Krisan Bogor Ditargetkan Tembus Pasar Jepang

Hal-hal tersebut harus Anda lakukan jika Anda ingin bunga yang sudah dipetik menjadi lebih tahan lama. Namun, bunga-bunga tersebut pada akhirnya tetap akan layu juga karena tidak bisa tumbuh dan berkembang layaknya tanaman biasa.

Anda bisa mengeringkan bunga yang Anda miliki. Mengeringkan bunga selain bisa mengawetkan juga bisa membuat kesan yang unik pada dekorasi rumah Anda. Berbagai bunga kering bisa disimpan di dalam vas ataupun pigura.

Loading...
Loading...