Mudahnya Budi Daya Palem Merah


Pertanianku – Palem merah merupakan tanaman hias dari keluarga palem-paleman. Saat ini bagi penghobi tanaman hias, palem merah menjadi primadona karena pohon ini memiliki daya tarik tersendiri jika dibandingkan dengan palem jenis lain.

Mudahnya Budi Daya Palem Merah

Palem merah memiliki warna kelopak di bawah daunnya merah menyala. Sangat cantik bila dikombinasikan dengan batangnya yang berukuran sedang dan daunnya yang tidak menjuntai panjang dan terlalu lebar. Palem ini juga dapat ditanam di pot atau lahan pekarangan. Jadi, bisa disesuaikan dengan kondisi rumah Anda. Penamanan dan perawatannya juga sangat mudah. Berikut teknik tepat budi daya palem merah yang harus Anda ketahui.

  • Pembibitan

Tahap awal untuk budi daya palem merah adalah pembibitan palem merah yang bisa Anda lakukan dengan perbanyakan tunas. Cari tunas yang cukup umur dan ingin dibibitkan. Potong akarnya yang tertaut pada indukan dengan tetap menyertakan akar tunasnya. Pisahkan dengan hati-hati jangan sampai akarnya rusak. Letakkan di tempat lembap agar tidak layu.

  • Penanaman

Siapkan tanah sebagai media tanam dan campurkan dengan pupuk kandang/kompos dengan perbandingan 1:1. Setelah media tanam disiapkan, galilah lubang sedalam 20–25cm dan tanam bibit yang sudah disiapkan tadi. Selanjutnya, timbun dengan tanah lalu padatkan agar tidak roboh. Agar tanaman tumbuhan baik pada awal tanam, siram setiap hari minimal sekali sehari.

  • Perawatan

Perawatan palem merah cukup sederhana. Setelah tumbuh baik, tanaman ini hanya perlu disiram saat terlihat akan kering saja. Jangan lupa lakukan pemangkasan pada batang yang mati. Berikan pemupukan bersamaan dengan penyiangan secara berkala minimal setiap 2 bulan sekali.

Baca Juga:  Neraca Perdagangan Sektor Pertanian Tumbuh Hingga 70 Persen
loading...
loading...