Mudahnya Menanam Sereh

Pertanianku – Minum teh sereh dipercaya mampu menghangatkan badan dan mengusir flu jauh-jauh saat menghadapi cuaca dingin. Kandungan sereh yang memang mampu memperkuat sistem imun menjadi keistimewaan tersendiri dalam rumpun herbal rerumputan. Oleh karena itu menanam sereh di rumah dapat menjadi pilihan yang sangat tepat.

Mudahnya Menanam Sereh

Sebelum Menanam sereh, carilah sereh dengan kualitas baik. Sebaiknya jangan pilih sereh yang dijual di supermarket karena kemungkinan sereh sudah tidak fresh. Pilih yang warnanya terang, bagian daunnya tidak terlalu hijau, dan bagian dasarnya hampir putih. Jika ada, belilah sereh yang telah keluar akarnya. Namun jika tidak ada, tumbuhkan dulu akarnya dengan mendiamkannya di dalam segelas air hingga akar tumbuh.

Setelah akarnya tumbuh, tanam batangan sereh tersebut di atas tanah gembur atau Anda bisa meletakkannya di dalam pot plastik jika ingin. Namun, tanaman yang satu ini sangat cepat tumbuhnya, sehingga mungkin Anda akan jadi repot memindah-mindah dan mengganti ukuran potnya.

Jika tanaman sereh sudah cukup besar dan tinggi, Anda bisa membaginya menjadi beberapa bagian dan menanamnya sebagai tunas baru. Gunakan pisau besar untuk memisahkan satu bagian dengan yang lainnya karena akar dari tanaman sereh cukup liat untuk dipisahkan. Dengan begini Anda jadi punya banyak tanaman sereh, dan tak perlu lagi membeli teh sereh celup di supermarket. Cukup mudah bukan.

Baca Juga:  Ramuan Herbal untuk Mengatasi Jerawat