Mujarab! Inilah 4 Manfaat Kerang Hijau untuk Kesehatan


Pertanianku — Sebagian orang menganggap konsumsi kerang hijau itu tidak menyehatkan. Namun jangan salah, manfaat kerang hijau ini ternyata sangat baik untuk kesehatan. Selain itu, rasanya yang khas dan gurih bisa membuat banyak orang ketagihan.

manfaat kerang hijau
Foto: Shutterstock

Kerang ternyata punya berbagai manfaat yang sayang sekali kalau dilewatkan. Tertarik untuk mencoba makan kerang? Ini dia khasiatnya seperti dilansir HelloSehat.

  1. Mengatasi anemia

Kerang kaya akan kandungan zat besi. Zat besi sendiri diperlukan untuk membentuk hemoglobin, yaitu protein khusus yang bertugas untuk membawa oksigen dalam darah Anda ke seluruh tubuh. Tanpa hemoglobin dalam darah, organ-organ tubuh Anda tidak akan berfungsi dengan baik karena kurang oksigen.

Nah, makan kerang bisa membantu meningkatkan hemoglobin dalam darah. Dengan begitu, Anda yang punya penyakit anemia defisiensi zat besi bisa mendapatkan asupan zat besi yang cukup untuk membentuk hemoglobin.

  1. Menjaga kesehatan jantung

Anda bisa mendapatkan asupan asam lemak omega-3 yang tinggi dalam satu porsi kerang segar. Asam lemak omega-3 sendiri mampu menurunkan kadar trigliserida yang terlalu tinggi. Kadar trigliserida yang tinggi berisiko menyebabkan berbagai masalah jantung seperti pengerasan pembuluh arteri dan serangan jantung.

Akan tetapi, jangan makan kerang secara berlebihan. Pasalnya, kerang mengandung kolesterol. Kadar kolesterol yang terlalu tinggi juga berisiko buat kesehatan jantung Anda.

  1. Membentuk dan merawat otot

Protein adalah zat gizi yang berperan penting dalam membentuk massa otot sekaligus merawatnya dari kerusakan jaringan atau sel. Buat Anda yang sering mengalami nyeri otot, protein juga bisa mempercepat proses pemulihan otot-otot yang kaku dan nyeri.

Seperti makanan laut lainnya, kerang juga kaya akan protein. Kerang bahkan jadi sumber protein yang lebih sehat dari daging sapi atau ayam karena kandungan lemak dan kalorinya lebih rendah.

  1. Menjaga fungsi sistem saraf
Baca Juga:  Benarkah Menelan Biji Cabai Jadi Penyebab Usus Buntu?

Agar bisa menjalankan tugasnya dengan baik, sistem saraf dalam tubuh Anda memerlukan vitamin B kompleks. Salah satunya, yaitu vitamin B12. Kekurangan vitamin B12 berisiko menyebabkan kerusakan saraf hingga penurunan fungsi otak.

Karena itu, manfaat kerang yang mengandung vitamin B12 dalam jumlah tinggi sayang sekali kalau dilewatkan. Makan kerang bisa membantu menjaga fungsi sistem saraf Anda, terutama pada bagian otak.