Mulai April, Minyak Goreng Curah Wajib Berlabel SNI

0

PERTANIANKU.COM– Dinas Perindustrian, Perdagangan, Pertambangan, dan Energi (Disperindagtamben) Kota Padang telah melakukan pertemuan dengan perusahaan produsen minyak goreng curah. Hal ini dilakukan untuk menindaklanjuti Surat Edaran Menteri Perdagangan mengenai minyak goreng curah. Di dalam surat edaran tersebut, dinyatakan bahwa minyak goreng curah harus memiliki label Standar Nasional Indonesia (SNI).

minyak curah
foto: kemendag.go.id

Berdasarkan Surat Edaran Menteri Perdagangan melalui Permendag No. 21 Tahun 2015, Pemerintah Kota Padang memberikan batas waktu hingga 27 Maret 2016 kepada perusahaan minyak goreng curah, yakni PT Incasari Raya agar  minyak yang dijualnya menggunakan kemasan berlabel SNI. Hal ini disampaikan oleh Sekretaris Disperindagtamben Kota Padang, Nasril.

“Optimalnya, aturan dari Kementerian Perdagangan (Kemendag) itu berjalannya mulai 1 April 2016 ini. Jadi, bagi perusahaan terkait yang tidak juga mematuhi aturan tersebut, kami tidak akan melakukan penindakan, melainkan memberi bimbingan agar mengikuti aturan yang berlaku,” ujar Nasril, Senin (1/2).

Nasril pun menegaskan bahwa minyak goreng curah yang dimaksud bukanlah minyak goreng curah nabati seperti dari kelapa, tetapi minyak goreng curah yang terbuat dari sawit. Untuk minyak goreng curah selain dari sawit, misalnya kelapa, akan ditindaklanjuti pada 2017. Untuk minyak goreng yang diproduksi oleh usaha rumahan akan ditindaklanjuti pada 2018. “Artinya, Permendag tersebut akan ditindaklanjuti secara bertahap hingga tahun 2018,” ujar Nasril.

loading...
loading...