Mulai Beternak Ayam Broiler Organik? Simak Kebutuhan Lengkapnya

Pertanianku — Masa awal pemeliharaan ayam broiler organik sangatlah penting untuk diawasi. Masa inilah yang menjadi kunci pertumbuhan ayam kedepannya, apakah akan berlangsung dengan baik atau tidak. Fase ini disebut juga sebagai masa brooding.

pemeliharaan ayam broiler organik
Foto: dok. Pertanianku

Masa brooding di awal pertumbuhan awal akan memengaruhi pertumbuhan organ tumbuh dan kembang ayam. Organ-organ ini memengaruhi produktivitas ayam, termasuk sistem kekebalan tubuh hingga gastrointertinal.

Oleh karena itu, kebutuhan perlengkapan dalam beternak ayam broiler organik haruslah terpenuhi dengan baik. Pemanas harus berjalan dengan baik untuk memastikan suhu ruangan sesuai dengan suhu optimal yang diperlukan ayam.


Loading...

Anda juga wajib memerhatikan suhu lantai kandang atau litter. Suhu optimal dalam kandang ataupun lantai kandang ini akan menurun dan mendekati suhu ruang seiring bertambahnya usia ayam.

Kelembapan optimal bila ingin beternak ayam broiler organik mencapai nilai RH 60—70 persen. Kelembapan ini cukup kering dan harus memastikan kondisi litter tidak pernah basah apalagi hingga menggumpal.

Selain itu, penempatan feed intake juga harus mencapai standar peternak. Sirkulasi udara dalam kandang brooding pun harus lancar. Begitu pula dengan intensitas dan distribusi cahaya ke seluruh sudut ruangan kandang, harus terjamin.

Beternak ayam broiler organik dan seluruh kebutuhan beternaknya dapat Anda temukan di buku Ayam Broiler Organik yang diterbitkan oleh Penerbit Penebar Swadaya. Buku ini akan mengupas tuntas serba-serbi beternak ayam broiler organik, baik dari kebutuhan hingga perhitungannya secara rinci dan detail.

Misalkan perlengkapan yang dibutuhkan adalah pemanas menggunakan gasolek. Dalam kandang brooding yang berisi 1.000 ekor ayam, dibutuhkan 1—2 buah pemanas di ruangan tersebut. Gasolek harus dipasang pada ketinggian 1—1,2 meter. Bila Anda tidak memiliki gasolek, pemanas lain juga dapat digunakan seperti semawar.

Baca Juga:  Mengenal Jenis Pakan Kasar untuk Ternak

Selain pemanas, ayam broiler organik juga membutuhkan tempat minum galon dan bell drinker untuk mengatur jumlah cairan yang dikonsumsi ayam. Jumlahnya disesuaikan dengan umur ayam, semakin besar semakin banyak.

Tak hanya itu, perlengkapan lainnya seperti tempat pakan, chick guard, hingga lampu penerangan juga dapat Anda baca di buku Ayam Broiler Organik ini.

Loading...
Loading...