Menjalankan Bisnis Hamster Dimulai dari Teras Rumah

Pertanianku – Teras? Apa yang pertama terlintas di pikiran Anda bila mendengar kata “teras”? Pasti terbayang suatu bagian dari rumah yang biasanya merupakan ruang yang tidak digunakan dan seandainya digunakan, mungkin hanya sebagai tempat parkir mobil atau motor. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, teras diartikan sebagai suatu tanah/lahan/ lantai yang terletak di depan rumah.

Mulai dari Teras Rumah

Namun, di dalam buku ini, teras akan diartikan secara luas, yakni semua lahan atau ruang kosong yang ada di sekitar  rumah (di dalam atau di luar) yang dapat dimanfaatkan secara optimal untuk kegiatan lain sehingga ke depannya dapat mendatangkan keuntungan. Manusia dituntut untuk selalu kreatif dalam menangani segala hal yang tak lain untuk mengembangkan diri ke arah yang lebih baik.

Loading...

Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan memiliki usaha sendiri. Ibu rumah tangga (IRT), misalnya, selama ini yang terlintas dari pekerjaan mereka adalah hanya sebatas mengurus pekerjaan rumah dan keluarga. Padahal, dengan memanfaatkan teras rumah sebagai wahana usaha, seorang IRT bisa menghasilkan sesuatu yang bernilai jual. Bukan mustahil, kegiatan yang terkesan hanya bersifat hobi bisa menjadi cara lain membantu suami dalam menafkahi keluarga.

Bagi seorang pensiunan yang masih ingin mengisi waktu luangnya juga bisa melakukan usaha dari rumah. Mereka tak harus terhambat masalah lokasi dan biaya. Ada banyak jenis usaha yang bisa menjadi pilihan. Bisa berawal dari hobi atau menggali potensi usaha suatu komoditas. Biasanya, kegiatan yang dilakukan di rumah berawal dari sebuah hobi. Misalnya saja Tia Irmayanty Amalia, seorang hobiis hamster asal Bogor yang mengawali usaha hamster karena kecintaannya pada hewan berkumis, imut, dan menggemaskan ini.

Baca Juga:  Indonesian Grocery Project, E-Commerce untuk Mendorong Ekspor Pertanian

Awalnya, Tia, biasa ia disapa, hanya memiliki beberapa ekor hamster di rumahnya, kini ternyata sudah banyak jumlahnya. Memanfaatkan hal tersebut, Tia pun akhirnya berinisiatif untuk menjual hamster hasil ternaknya. Saat ini, Tia telah memiliki showroom sendiri dan telah melayani pembelian hingga ke luar kota.

Loading...
Loading...