Murbei, Pakan Ternak Ruminansia

PertaniankuTanaman murbei dapat dimanfaatkan sebagai pakan ternak ruminansia, bahkan hijauan ini menjadi salah satu pakan yang disukai oleh ternak ruminansia, seperti kambing, domba, kerbau, dan sapi. Tanaman ini bisa juga bisa dijadikan sebagai feed suplement untuk ternak ayam.

murbei
foto: pixabay

Murbei merupakan tanaman perdu dan ada juga yang berbentuk pohon tinggi apabila pertumbuhannya dibiarkan terus berlangsung. Tanaman bisa tumbuh hingga setinggi 6 meter dengan tajuk yang agak jarang dan bercabang banyak. Percabangan tanaman tegak, mendatar, dan berwarna hijau, abu-abu, atau putih kecokelatan.

Daun murbei berbentuk oval, bulat dan berlekuk, bagian tepi daun bergerigi, serta bagian ujung daunnya meruncing. Permukaan atas daun berwarna hijau atau suram dan licin, sedangkan bagian bawahnya terasa kasar, bergantung pada spesiesnya.

Peternak biasanya memotong tanaman murbei dan membawanya ke kandang sebagai pakan. Dengan begitu, jumlah pakan yang diberikan pada ternak dapat lebih terkontrol, meski peternak perlu mengeluarkan tenaga dan waktu untuk mengumpulkan daun murbei.

Kelebihan dari tanaman murbei adalah kandungan protein dan mineral yang tinggi. Tanaman tidak tahan terhadap pemotongan yang pendek sehingga tanaman perlu dipotong sekitar 1—1,5 m dari permukaan tanah. Tanaman sudah bisa dipanen sebagai pakan ternak setelah berumur 210 hari setelah tanam. Pemotongan selanjutnya sudah bisa dilakukan setelah 60—70 hari kemudian.

Tanaman ini lebih terkenal sebagai penghasil buah yang manis, sedikit asam, dan menyegarkan. Murbei dapat tumbuh di dataran rendah hingga tinggi. Tanaman terbilang cukup mudah bertunas sehingga bisa ditanam bersamaan dengan tanaman lain, tanaman penguat teras, atau ditumpang sari.

Suhu yang dibutuhkan tanaman untuk tumbuh sekitar 21—25°C dengan tingkat kelembapan udara sekitar 60—90 persen, curah hujan rata-rata sekitar 2.000—3.000 mm, dan intensitas cahaya matahari penuh.

Baca Juga:  Kekurangan Kandang Postal untuk Ternak Ayam Elba

Penyebaran tanaman murbei terbilang sudah sangat luas. Tanaman ini bisa tumbuh di daerah subtropis yang memiliki suhu udara lebih rendah dari 0°C ataupun di daerah tropis yang memiliki suhu udara relatif lebih tinggi.

Di daerah tropis, tanaman ini bisa tumbuh sepanjang tahun karena tidak mengalami masa istirahat. Dengan begitu, peternak dapat memanen pakan ini sepanjang tahun tanpa perlu khawatir dengan musim.