Musang, Sahabat yang Cepat Akrab


Pertanianku – Tren memelihara musang sebagai kesayangan mulai marak sejak 2010. Awalnya, hanya segelintir orang yang tertarik memelihara penghasil kopi termahal sedunia ini. Sesungguhnya, musang sangat sesuai dijadikan pet. Pasalnya, terdapat beragam jenis dengan variasi warna yang cukup banyak. Selain itu, musang juga dapat akrab dan bermanja-manja dengan manusia layaknya anjing. Musang pun dapat dilatih dan membentuk ikatan batin dengan pemiliknya.

Musang

Beberapa jenis musang yang dapat dipelihara antara lain musang pandan (Paradoxurus hermaphroditus), musang bulan (Viverricula malaccensis), musang rase (Viverricula indica), dan musang akar (Arctogalidia trivirgata). Dari masing-masing spesies ini juga masih banyak lagi variannya.

Alasan utama musang dijadikan satwa kesayangan adalah temperamennya yang jinak dan sabar, meskipun wajahnya agak seram. Jika sudah sukses melakukan “bonding”, musang pandan bisa menjadi sangat manja kepada pemiliknya.

Musang menjadi gemar digendong dan menjilati wajah serta tangan pemiliknya. Harga musang relatif terjangkau, khususnya musang pandan yang bercorak normal. Kisaran harga

anakannya adalah Rp300.000,00— 400.000,00. Untuk musang bulan, harga pada tahun 2013 mencapai Rp2.000.000,00—3.000.000,00 per ekor. Sementara itu, musang pandan tipe leucistic tergolong mahal, mencapai angka Rp8.000.000,00/ekor.

Bahkan, musang pandan albino ada yang bernilai Rp43.000.000,00/ekor. Aroma tubuh musang pandan yang seperti pandan juga menjadi salah satu daya tariknya. Aroma tersebut berasal  dari wangi pandan berkat sekresi dari kelenjar yang terdapat di tubuhnya.

Sampai sekarang, sudah banyak organisasi yang mewadahi para penggemar musang. Sebut saja Musang Lovers di Malang, Musang Bandung Community, Djakarta Musang Lovers (Djamal), Musang Lovers Depok (Muldok), dan Musang Lovers Indonesia.

 

Sumber: Buku Hewan Kesayangan Mini dan Eksotis

loading...
loading...