Musim Panas Menjadi Waktu yang Tepat untuk Menanam Pohon Mangga Alpukat

Pertanianku — Pohon mangga alpukat membutuhkan iklim yang kondusif untuk menentukan hasil panen yang bagus. Faktor iklim yang paling berpengaruh adalah temperatur, curah hujan, dan kecepatan angin di daerah Anda tinggal.

mangga alpukat
foto: pexels

Pohon mangga alpukat bisa tumbuh dengan baik di lokasi yang bersuhu 24—27°C.  Namun, jangan memilih daerah yang bertemperatur tinggi sekitar 46—49°C, apalagi di daerah yang banyak angin kencang. Daerah yang terlalu panas bisa menyebabkan mangga mengalami luka terbakar. Selain itu, buah juga tidak akan berkembang dengan baik dan malah tidak berbiji.

Pohon mangga alpukat lebih baik ditanam di musim kemarau atau pada saat curah hujan tidak sedang tinggi. Hal ini dikarenakan curah hujan sangat memengaruhi pertumbuhan tanaman, bunga, dan buah.

Loading...

Saat musim hujan, tanaman akan sulit mengalami pembungaan dan pembuahan. Sementara itu, pada saat intensitas hujan tidak tinggi, tanaman mangga tidak mudah terserang penyakit. Produktivitas tanaman pun menjadi lebih baik ketimbang di musim hujan.

Curah hujan yang terlalu tinggi bisa menyebabkan proses pembentukan buah menjadi terhambat dan menyebabkan tanaman mudah terserang berbagai jenis penyakit.

Saat curah hujan sedang tinggi, pohon mangga memang bisa tumbuh dengan baik, tetapi hanya bisa membentuk daun dan tidak bisa membentuk bunga. Tanaman yang tidak membentuk bunga, tidak akan bisa berbuah sama sekali.

Proses pembentukan bunga yang terhambat disebabkan oleh luka pada bunga dan menyebabkan bunga rontok. Hujan juga menjadi penyebab butir-butir tepung sari terjatuh ke tanah sehingga bunga jantan dan betina tidak mengalami pembuahan.

Saat musim hujan, serangga enggan melakukan penyerbukan sehingga tidak ada aktivitas penyerbukan pada musim hujan.

Intensitas hujan yang tinggi dapat menyebabkan udara menjadi lebih lembap dan bisa memicu serangan cendawan dan wereng pada bunga dan buah mangga.

Baca Juga:  Jenis-jenis Jamur Tiram yang Harus Anda Ketahui

Selain udara menjadi lembap, pada musim hujan intensitas kabut dan embun juga lebih tinggi dan bisa menyebabkan pohon mengalami gagal panen karena bunga dan buah mengalami kerontokan.

Pohon mangga alpukat idealnya membutuhkan curah hujan sekitar 1.000 mm dan musim kering selama 4—6 bulan per tahun. Bila curah hujan yang terjadi terlalu rendah, Anda bisa memberikan pengairan untuk menyuplai kebutuhan air tanaman.

Untuk mencoba bertanam mangga alpukat di pekarangan, Anda bisa mendapatkan bibitnya di Toko Trubus. Pada Agustus ini ada diskon 20% untuk pembelian mangga alpukat di Toko Trubus. Selain bibit, Toko Trubus juga menyediakan berbagai kebutuhan berkebun di pekarangan seperti media tanam, pot, pupuk, pestisida, dan perlengkapan lainnya. Segera hubungi WhatsApp admin Toko Trubus atau kunjungi langsung Toko Trubus terdekat di kota Anda.

 

 

 

 

Loading...
Loading...