Musim Tanam Tiba, Stok Pupuk Dipastikan Aman

Pertanianku – Menjelang musim tanam, PT Pupuk Indonesia (Persero) mengungkapkan bahwa pasokan pupuk dalam keadaan aman dan melimpah. PT Pupuk Indonesia telah mampu menyiapkan stok hingga dua bulan ke depan.

Foto: pixabay

“Kita alhamdulilah bisa menyediakan 4 kali dari ketentuan yang ditetapkan perdagangan. Kalau pabrik pupuk aturannya hanya menyiapkan untuk dua minggu ke depan. Tapi sekarang kita sudah memiliki stok untuk dua bulan ke depan,” terang Direktur Utama PT Pupuk Indonesia, Aas Asikin Idat di Kementerian BUMN, belum lama ini, seperti diberitakan DetikFinance (16/10).

Untuk itu, ia menjelaskan, jumlah stok untuk setiap jenis pupuknya berbeda-beda. Misalnya, pupuk urea yang harus harus ditentukan sebanyak 147 ribu sudah disiapkan hingga 554 ribu.

Untuk pupuk NPK yang sudah disediakan 316 ribu dari ketentuan 82 ribu. Sementara, untuk pupuk ZA sudah disiapkan sebanyak 110 ribu dari ketentuan 43 ribu.

“Itu pupuk sudah tersebar di pelosok-pelosok. Kenapa cepat? Karena pengalaman pemakaian cepat sekali saat musim tanam,” tambahnya.

Aas juga mengatakan penyetokan di lakukan untuk menghindari kebutuhan yang meningkat saat pemakaian yang dilakukan bersamaan, gangguan cuaca saat pengangkutan dan berbagai kendala yang ada di pabrik.

Baca Juga:  Kawasan Food Estate Kalimantan Tengah Gunakan Light Trap untuk Atasi Hama Padi

loading...