Musuh Alami Magot yang Perlu Diwaspadai

Pertanianku — Saat ini banyak orang mulai membudidayakan magot. Budidaya magot dapat menjadi solusi untuk mengatasi sampah yang terus bertambah setiap harinya serta sumber pakan ikan dan ternak.

budidaya magot
foto: kkp.go.id

Ada banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari budidaya magot. Lalat penghasil magot tidak berperan sebagai agen penyakit sehingga aman dibudidayakan di tengah pemukiman. Kandungan protein magot cukup tinggi sekitar 40—50 persen. Masa hidup cukup lama dan proses produksinya tidak memerlukan teknologi tinggi sehingga sangat cocok diterapkan di dekat sentra perikanan untuk menekan biaya produksi.

Setiap budidaya pasti memiliki kendala, begitupun dengan budidaya magot. Lalat penghasil magot bernama Black Soldier Fly (BSF). Sebelum mengenal magot, masyarakat kerap menyebut larva BSF dengan nama belatung. Namun, karena persepsi terhadap belatung cenderung negatif, peneliti dan praktisi lebih sering menyebut larva BSF dengan magot.

Secara fungsional belatung dan magot berbeda. Belatung berperan sebagai vektor penyakit, sedangkan magot berperan sebagai agen perombak organik dalam waktu yang relatif singkat sehingga magot dapat meningkatkan kesuburan tanah.

Dikutip dari buku Magot Pakan Ikan Tinggi Protein & Biomesin Pengolah Sampah Organik, musuh alami lalat BSF hampir sama dengan kelompok serangga lainnya, yakni kelompok ikan, amfibi, reptil, aves, dan mamalia kecil.

Larva BSF yang baru menetas dari telur biasanya rawan dimangsa oleh semut. Serangan semut membuat populasi serangga BSF sulit ditemukan.

Sementara itu, larva yang berukuran lebih besar, pupa, dan imago rawan dimangsa oleh kelompok reptil, amfibi, aves, mamalia, dan hewan ternak. Misalnya, cicak, kadal, katak sawah, burung gereja, burung walet, burung layang-layang, dan tikus.

Serangga bSF juga memiliki musuh lain berupa parasitoid. Salah satu parasitoid yang pernah ditemukan menyerang adalah parasitoid endofagus Trichoparia sp. Parasitoid tersebut menyerang pupa muda.

Baca Juga:  KKP Bangun Pusat Daur Ulang di Bekasi untuk Tangani Sampah Plastik

Informasi mengenai berbagai macam musuh alami magot perlu Anda ketahui sebelum melakukan budidaya magot nantinya. Anda bisa membaca lebih jauh berbagai informasi budidaya magot dalam buku Magot Pakan Ikan Tinggi Protein & Biomesin Pengolah Sampah Organik. Buku ini bisa Anda dapatkan dengan menghubungi WhatsApp admin Penebar Swadaya atau melalui Tokopedia Penebar Swadaya.