Nanas, Buah Sehat Penghancur Kolesterol


Pertanianku – Buah nanas memang cukup populer di Indonesia. Buah ini memang banyak tumbuh di kawasan beriklim tropis seperti di Indonesia. Harganya yang cukup terjangkau membuat buah ini banyak dikonsumsi oleh masyarakat.

Salah satu nanas yang banyak disukai karena rasanya yang manis adalah nanas madu. Jenis nanas satu ini memang memiliki ukuran yang lebih kecil. Di balik bentuknya yang kecil, nanas madu memiliki manfaat yang menakjubkan. Bagaimana tidak, mengonsumsi nanas madu sangat dianjurkan bagi orang yang memiliki kadar kolesterol tinggi. Sebab, nanas madu dapat membantu menurunkan kadar kolesterol.

Ahli nutrisi Jansen Ongko, MSc, RD, menyebutkan bahwa nanas madu merupakan buah yang kaya vitamin, mineral, anti-oksidan, dan serat. Nanas madu juga kaya akan vitamin C dan mangan.

Vitamin C seperti diketahui dapat membantu menstabilkan kolesterol, menjaga kekebalan tubuh, melawan virus influenza, dan menjaga kesehatan pembuluh darah. Kandungan mangan yang terdapat pada nanas diketahui dapat memecah asam amino dan protein dalam tubuh.

Mangan juga berperan dalam menurunkan kadar gula darah dan mencegah diabetes, serta gangguan metabolisme. Enzim bromelain yang terdapat pada nanas bersifat anti-inflamasi.

Enzim ini juga dapat membantu meningkatkan metabolisme lemak tubuh menjadi energi. Kandungan seratnya juga dapat membantu menurunkan kolesterol darah dalam tubuh.

“Bukan hanya nanas madu saja, untuk mencegah dan mengatasi kolesterol tinggi. Ada baiknya untuk meningkatkan konsumsi buah dan sayur. Disarankan mengonsumsi buah dan sayur kaya warna seperti pada Diet Pelangi. Semakin banyak warna yang dikonsumsi, semakin banyak manfaat kesehatan yang dapat diperoleh,” ungkap Jansen.

Baca Juga:  Manfaat Wortel Tak Hanya untuk Mata, Ini Manfaat Lainnya!
loading...
loading...