Nanas Mempawah Bukan Nanas Biasa

Pertanianku — Berasal dari daerah Mempawah di Kalimantan Barat, nanas mempawah memiliki rasa dan aroma yang sangat diminati konsumen. Rasanya pun berbeda dari rasa nanas kebanyakan. Nanas varietas Queen ini bahkan sudah diekspor hingga Malaysia saking banyaknya produksi yang dihasilkan.

Foto: pixabay

Nanas mempawah memiliki rasa yang lebih manis. Tekstur dagingnya lebih lembut. Selain itu, nanas mempawah memiliki kadar air yang tinggi. Sebagai komoditas unggulan Provinsi Kalimantan Barat, nanas mempawah sudah terkenal tak hanya di Indonesia.

Di daerah ini, luasan kebun nanas yang tercatat bisa mencapai 1.250 hektare. Dengan lahan yang sangat luas tersebut, produksi nanas tahunan sangat banyak. Satu hektare lahan bisa menghasilkan nanas sebanyak 1,5—2 ton dalam sekali panen.

Loading...

Nanas mempawah pun dijual dengan harga yang bersaing. Satu kilogram nanas dihargai Rp8.000 untuk nanas dengan berat di atas 1 kilogram. Sementara, nanas dengan berat di bawah 1 kilogram per buahnya dijual seharga Rp5.000 per kilogram.

Di sini, para petani nanas tergabung dalam berbagai kelompok tani. Untuk menghasilkan nanas organik, para petani dilarang menggunakan pupuk kimia. Dengan begitu, pH tanah terjaga pada nilai pH 6—7 dan bisa memenuhi syarat sebagai kriteria penanaman nanas organik.

Di daerah Mempawah sendiri tak hanya ditemukan kebun nanas dengan jumlah yang besar, ada banyak usaha mikro, kecil, dan menengah yang terlibat pada pengolahan nanas. Nanas dengan kualitas bagus biasanya dijual dalam keadaan segar. Sementara, nanas yang memiliki nilai jual rendah diolah menjadi bentuk lain agar harga jualnya tidak jatuh.

Ada banyak sentra pengolahan nanas yang mengolah buah yang satu ini menjadi beragam olahan. Mulai dari dodol, keripik, sirup, hingga kerupuk nanas dan abon nanas. Tak hanya itu, pemerintah setempat juga secara terpadu mempromosikan nanas khas ini dengan berbagai cara. Salah satunya melalui pameran (expo) di Kota Pontianak dan berbagai kegiatan lainnya.

Baca Juga:  Potensi Bisnis Jambu Kristal Sangat Menjanjikan

Apakah Anda tertarik untuk mengonsumis nanas mempawah ini? Anda bisa mendapatkannya jika berkunjung ke Kalimantan sebagai oleh-oleh khas. Selain itu, jangan lupa untuk membeli produk olahan nanas mempawah untuk mendukung usaha dalam negari.

 

 

 

 

Loading...
Loading...