Nangka Bulat Mini, Varietas Nangka dengan Getah Buah Sedikit

Pertanianku — Buah nangka disukai oleh orang-orang karena memiliki rasa yang manis dengan aroma yang sangat menggoda selera. Selain itu, warna kuning yang mentereng juga menjadi daya tarik setiap orang-orang yang melihatnya. Buah ini sering dimakan secara langsung atau diolah menjadi berbagai macam makanan olahan yang lezat. Salah satu varietas buah nangka adalah nangka bulat mini dengan getah buah yang sedikit.

nangka bulat mini
foto: pertanianku

Varietas nangka bulat mini sedikit berbeda dengan varietas buah nangka pada umumnya. Sosoknya terlihat lebih kecil dibandingkan buah nangka lainnya yang terkenal besar.  Ukurannya hanya sekitar setengah dari buah nangka biasa.

Biasanya, orang tidak bisa menghabiskan satu buah nangka karena ukurannya yang besar. Adapun nangka bulat mini bisa dihabiskan oleh satu orang karena ukurannya yang kecil.

Loading...

Kelebihan lain yang dimiliki oleh buah ini adalah memiliki getah yang sangat sedikit. Getah pada buah nangka biasa memang cukup menyulitkan karena banyak dan sangat lengket. Terkadang, getah yang menempel di baju sulit dihilangkan.

Ketika Anda mengonsumsi buah nangka bulat mini, permasalahan getah seakan teratasi karena getahnya yang sedikit.

Sosok tanaman buat nangka ini cenderung tidak tinggi, hanya sekitar 3—5 meter. Oleh karena itu, tanaman buah ini sangat cocok dijadikan tanaman di dalam pot yang diletakkan di pekarangan.

Nangka yang dirawat dengan baik akan bersifat genjah dan mulai berbuah saat berumur satu setengah tahun. Setelah itu, buahnya bisa dinikmati ketika sudah berumur 4 bulan setelah masa pembungaan.

Nangka ini bisa menjadi salah satu pohon buah pilihan yang ditanam di pekarangan karena bisa ditanam di dataran rendah hingga dataran tinggi dengan ketinggian 1.000 mdpl dengan kisaran suhu minimum sebesar 16—21°C dan suhu maksimum 31—31,5°C.

Baca Juga:  Varietas Unggul Aren Genjah Kutai Timur

Tanaman nangka bulat mini menyukai daerah yang lembap untuk mengurangi penguapan. Namun, nangka bulat mini tetap membutuhkan penyinaran matahari yang cukup untuk melakukan pertumbuhan bunga dan buah.

Tanaman ini harus dirawat dengan baik agar dapat tumbuh dengan optimal dan menghasilkan buah yang bagus. Buah nangka membutuhkan sistem drainase yang baik untuk meningkatkan produktivitas tanaman.

Selain nangka bulat mini, Anda juga bisa menemukan jenis buah lain yang unik dan banyak dicari orang dalam buku 20 Tanaman Buah Eksklusif terbitan Penebar Swadaya. Dalam buku tersebut menyajikan beragam informasi mengenai tanaman buah yang eksklusif dan bisa ditanam di pekarangan rumah. Segera hubungi WhatsApp admin Penebar Swadaya untuk mendapatkan buku tersebut sebagai referensi Anda.

Loading...
Loading...