Nangka Muda Dijadikan Abon, Seperti Apa Ya?


Pertanianku – Buah yang memiliki harum semerbak ketika matang ini memang memiliki rasa yang amat lezat. Bahkan, buah ini tak hanya dapat dikonsumsi langsung, tapi juga kerap dijadikan bahan penambah pada minuman ataupun pembuatan kue.

Foto: pixabay

Kini ada inovasi baru menikmati nangka yang diolah menjadi abon yang lezat.

Nangka yang digunakan untuk membuat abon adalah buah yang masih muda. Abon nangka memiliki nilai gizi yang cukup tinggi. Kandungan gizi nangka muda adalah kalium, yang bermanfaat untuk mengurangi penyakit jantung, mencegah anemia, menjaga kesehatan tulang.

Nangka muda juga mengandung vitamin A dan C, untuk mencegah gangguan mata seperti degenerasi makula dan rabun senja.

Proses pembuatannya sendiri relatif mudah. Anda hanya cukup memilih nangka yang masih muda agar dagingnya tebal dan bijinya masih kecil.

Siapkan sekitar 3 kg nangka muda, kupas lalu dipotong kecil, kemudian cuci bersih. Rebus nangka muda sampai menjadi lunak, angkat dan buang airnya. Rebus 0,5 kg udang sampai matang lalu angkat. Haluskan udang dan air rebusan udang jangan dibuang.

Tumbuk nangka, tapi jangan sampai terlalu halus. Lalu, campurkan nangka dengan udang, aduk hingga rata. Tumis bumbu yang terdiri atas 4 butir kemiri, 3 siung bawang putih, 6 butir bawang merah, 0,25 sendok teh jinten, 2 cm kunyit bakar, 0,5 sendok teh ketumbar, serta garam dan gula pasir secukupnya.

Tahapan selanjutnya, yaitu masukkan air rebusan udang dan campuran nangka ke dalam tumisan bumbu. Aduk sampai rata. Masak dengan menggunakan api kecil sambil terus aduk sampai mengering.

Panaskan minyak goring. Lalu, goreng campuran nangka muda sampai kering, angkat dan tiriskan. Selanjutnya, tekan-tekan campuran abon nangka sampai minyak keluar. Terakhir, pisahkan abon dengan memakai garpu agar abon tidak menggumpal. Abon nangka siap disajikan.

Baca Juga:  Ajaib! Dua Buah Ini Ampuh Halau Penyakit Jantung

Terarik mencoba membatnya sendiri?

loading...
loading...