Negara-negara yang Melarang Kepemilikan Ikan Lele

Pertanainku — Di Indonesia, ikan lele sering diolah menjadi menu makanan yang lezat dan bergizi. Dagingnya lembut, rasanya gurih, jika digoreng garing akan terasa renyah di mulut. Ternyata, ada fakta unik yang jarang diketahui oleh banyak orang bahwa sebenarnya ikan lele merupakan hama di luar negeri.

ikan lele
foto: Pertanianku

Di Florida, Amerika Serikat, ikan lele diburu oleh masyarakat bukan untuk dikonsumsi, melainkan karena dianggap hama. Nama lain dari ikan berkumis ini adalah walking catfish dan masuk pertama kali ke negara bagian Amerika Serikat pada 1960-an.

Saat itu, ikan lele dibawa dari Thailand sebagai ikan hias akuarium. Para importir mendatangkan induk ikan lele dari Thailand untuk dikembangbiakkan di daerah tersebut karena banyak orang mulai menyukai ikan berkumis ini.

Namun, tanpa diduga ditemukan beberapa indukan di alam. Banyak spekulasi yang berkembang atas kejadian tersebut. Pertama, diduga ada sebagian induk lele yang secara tidak sengaja terlepas ke alam saat proses pengangkutan. Namun, dugaan lain mengatakan, ada sebagian oknum yang sudah bosan dengan ikan ini, lalu melemparnya ke perairan yang berada di daerah tersebut.

Lele yang sudah dilepas ke alam kemudian berkembang biak dengan pesat dan akhirnya menyebar ke berbagai daerah di Florida. Seperti yang diketahui, lele merupakan ikan yang mudah berkembang biak.

Ikan lele memiliki sifat omnivora, pemakan apa saja, mulai dari tumbuhan hingga ikan lainnya. Di perairan Florida, ikan ini memakan ikan-ikan asli Florida yang tersebar di perairan tersebut.

Lele juga kerap ditemui masuk ke kolam budidaya milik warga untuk memangsa ikan. Sifat omnivora lele dibersamai dengan sifat rakus ketika menyantap pakan. Tak heran, lele dikhawatirkan dapat mengganggu keseimbangan ekosistem setempat.

Baca Juga:  Bantuan Cold Storage Portable KKP Berhasil Menaikkan Omzet Pembudidaya

Warga setempat sempat membuat pagar untuk membatasi ruang gerak ikan. Namun, sayangnya, populasi lele sudah telanjur meledak sehingga membuat usaha pemagaran tersebut menjadi sia-sia.

Akibat kejadian tersebut, warga negara bagian tersebut dilarang mengimpor lele tanpa surat izin khusus. Bahkan, di negara bagian Indiana terdapat larangan memiliki lele dari famili Claridae dalam kondisi hidup.