Neonicotinoids, Pestisida yang Mengancam Populasi Lebah Madu


Pertanianku — Penelitian terbaru menyebutkan, penggunaan pestisida membahayakan populasi lebah madu. Paparan terhadap neonicotinoids yang merupakan pestisida pertanian, dikaitkan dengan ‘kepunahan massal’ pada populasi lebah.

neonicotinoids
Pixabay

“Penemuan ini membuat kita harus berpikir ulang mengenai risiko pestisida. Jangan meremehkan efek beracun pestisida pada lebah,” kata dr. Simone Tosi dari University of California San Diego yang juga pemimpin penelitian.

Kendati demikian, pestisida bukan satu-satunya penyebab yang membahayakan lebah madu. Pertanian intensif diketahui menurunkan kualitas nutrisi gula pada nektar dan serbuk sari yang dimakan lebah. Sehingga, ketika konsumsi gula para lebah rendah, 50% kemungkinannya mereka akan mati saat terpapar neonicotinoids.

Penelitian yang dipublikasikan pada jurnal Proceedings of Royal Society B ini menunjukkan bahwa konsumsi gula dan pestisida neonicotinoids saling berkaitan. Hal itu bisa menyebabkan bahaya signifikan pada kelangsungan hidup lebah.

Fakta tersebut didapatkan para peneliti dengan mengumpulkan koloni lebah dan memberi mereka makanan yang mengandung berbagai tingkat nutrisi dan pestisida. Selanjutnya, dilakukan pengukuran untuk mengetahui pengaruhnya. Lebah yang diberi minum air tanpa nutrisi dan pestisida, hidup lebih lama dibanding lebah yang mengonsumsi makanan, namun ada pestisida di dalamnya.

“Ini menunjukkan bahwa nutrisi rendah membuat lebah semakin rentan terhadap efek neonicotinoids,” kata dr. Christopher Connolly, neurobiologist dari University of Dundee.

Neonicotinoids, diketahui mengganggu kemampuan belajar dan mencari makanan pada lebah. Ini menghambat mereka dalam menemukan makanan. Beberapa bulan belakangan, pestisida ini memang sudah mendapat perhatian banyak orang.

Ancamannya terhadap kesehatan manusia dan serangga menjadi topik perdebatan utama. Bahkan, pada November lalu, Michael Gove, Sekretaris Negara untuk Lingkungan Hidup Inggris, berjanji untuk melarang penggunaan neonicotinoids pada pertanian.

Baca Juga:  Burung Gagak Ternyata Jago Bersihkan Sampah