New Kristal, Lengkeng Idola yang Berbuah Banyak

Pertanianku Lengkeng new kristal telah menjadi primadona di kalangan pencinta buah lengkeng karena rasanya manis, daging buah tebal, biji kecil, dan produktif. Satu pohon new kristal di umur produktifnya dapat menghasilkan buah sebanyak 30—70 kg.

lengkeng new kristal
foto: pertanianku

New kristal merupakan generasi terbaru dari pendahulunya, yaitu kristal. Oleh karena itu, ada beberapa orang yang menyebutnya sebagai kristalin atau kristal 2.

Daun new krisal besar dan tipis, tajuknya menjuntai, lebih rapat, dan percabangannya banyak. Daging buah lengkeng new kristal tebal dengan rasa manis yang lengket di lidah, renyah, kering, dan bijinya kecil. Diameter buahnya mencapai 2 cm.

Tanaman lengkeng new kristal sudah bisa berbuah setelah berumur dua tahun jika diperbanyak dengan teknik okulasi. Ini alasannya new kristal sering dibilang genjah karena jenis lengkeng ini mampu berbuah lebih cepat dari jenis lengkeng lainnya. Seluruh kelebihan yang dimiliki oleh new kristal merupakan kriteria dari varietas unggul. Tak heran, banyak yang mengidolakan new kristal.

New kristal adaptif di dataran rendah dengan ketinggian dataran sekitar 20 m dpl dan berjarak 15 km dari pantai. Tanaman buah ini tetap mampu berbuah meskipun sedang musim hujan. Hal ini dikarenakan kerontokan bunga dan buah new kristal pada musim hujan terbilang cukup rendah, hanya sekitar 10—15 persen. Sementara itu, jenis lengkeng lain dapat mengalami kerontokan bunga dan buah hingga mencapai 30—40 persen.

Lengkeng new kristal yang ditanam di dataran rendah perlu diberikan perangsang buah agar tanaman rajin berbuah.

Kawasan budidaya tanaman lengkeng new kristal tersebar di daerah Balikpapan, Kalimantan Timur, Palangkaraya, Cilacap, Magelang, Semarang, Sumedang, Bandung, dan Yogyakarta. Kondisi pada wilayah tersebut berbeda-beda. Artinya, new kristal merupakan jenis lengkeng yang adaptif mampu tumbuh dengan baik dan produktif.

Baca Juga:  Ketahui Umur Panen Sayuran

Anda bisa menjadikan lengkeng new kristal sebagai tabulampot atau tanaman buah dalam pot. Pasalnya, lengkeng jenis ini memiliki tajuk yang bagus dan rindang. Dengan begitu, Anda bisa menikmati keindahan tanaman sambil merasakan manisnya buah  new kristal.

Untuk bertanam lengkeng new kristal, Anda bisa mendapatkan bibit lengkeng new kristal unggul di Toko Trubus. Anda bisa langsung mengunjungi lokasi Toko Trubus terdekat di kota Anda. Selain itu, Anda dapat berkonsultasi terlebih dahulu melalui WhatsApp admin Toko Trubus.