Nikmatnya Kelengkeng Kateki yang Berdaging Tebal


Pertanianku – Kelengkeng merupakan salah satu buah yang memiliki beragam varietas. Salah satu varietas kelengkeng unggul adalah kelengkeng kateki. Kelengkeng kateki (kelengkeng new kristal) merupakan buah yang tumbuh subur di dataran tinggi. Jika ingin dibudidayakan, tanaman ini memerlukan bantuan booster agar mendapatkan buah yang maksimal. Kelengkeng ini dapat di-booster pada umur 2 tahun. Sebenarnya, umur 1,5 tahun sudah bisa di-booster, tapi akan berakibat pohonnya kurang sehat/stres. Kelengkeng ini saat umur 3 tahun mampu menghasilkan buah 40—60 kg/pohon.

Jika Anda penggemar buah kelengkeng belum lengkap rasanya bila belum mencicipi kelengkeng jenis kateki hasil budidaya bali penelitian kebun percobaan di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. Kelengkeng jenis ini memiliki rasa legit, berdaging tebal, berbiji kecil dan tentunya segar bila disantap. Saat menikmatinya, kelengkeng kateki memiliki sensasi berbeda dengan jenis kelengkeng pada umumnya.

Tanaman buah kelengkeng jenis kateki tumbuh subur di area sekitar 2 hektare di Balai Penelitian Kebun Percobaan, di Desa Banjar Sari, Kecamatan Sumberasih, Kabupaten Probolinggo. Kelengkeng berkulit tipis ini akan membuat penikmatnya dengan mudah untuk membuka kulitnya sehingga akan terasa nyaman sekali untuk memakannya. Dengan sekali gigitan, akan membuat lidah kita tenggelam dalam kenikmatan cita rasa kelengkeng ini.

Baca Juga:  Pameran dan Kontes Durian Terbesar Siap Digelar di Sumbar
loading...
loading...