Nilai Gizi dan Manfaat Buah Plum yang Wajib Anda Ketahui


Pertanianku — Plum memiliki daging buah yang lembut dan cukup mudah dijumpai di supermarket karena buah ini bukan buah asli Indonesia. Mungkin sebagian dari Anda bertanya-tanya mengenai manfaat buah plum.

manfaat buah plum
Pixabay

Buah ini berasal dari Cina sehingga digolongkan sebagai buah impor. Plum memiliki kandungan gizi yang cukup banyak. Plum mengandung senyawa yang menyehatkan dan menyegarkan. Berikut beberapa kandungan gizi yang terdapat dalam buah plum.

  • Vitamin yang ada di dalam buah plum adalah vitamin A, vitamin C, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin K, vitamin E dan juga vitamin B-6.
  • Plum mengandung asam askorbat dan juga asam folat.
  • Mineral yang ada dalam buah plum berupa fluor, fosfor, magnesium, zat besi, kalsium dan juga seng.
  • Serat tinggi, rendah kalori, dan tidak ada lemak jenuh.
  • Kaya akan anti-oksidan.

Selanjutnya, bagi Anda yang bertanya-tanya akan manfaat sehat buah plum, berikut manfaat sehatnya seperti yang dilansir dari Boldsky.

Mencegah kanker

Plum berukuran sedang mengandung 113 mg kalium serta mineral yang membantu mengatur tekanan darah tinggi dan mengurangi risiko stroke. Pigmen kemerahan yang terdapat pada plum disebut anthocyanin. Zat tersebut dapat melindungi tubuh dari kanker dengan melawan radikal bebas.

Menurunkan gula darah

Seorang ahli gizi dari Kanada menyebutkan bahwa plum juga bisa menurunkan kadar gula darah di tubuh. Plum memiliki indeks glikemik yang rendah, yang berarti buah ini dapat membantu mengendalikan gula darah dan mengurangi risiko diabetes tipe 2.

Melancarkan pencernaan

Plum adalah sumber serat yang baik untuk tubuh. Di dalamnya mengandung sorbitol dan isatin. Buah ini dapat membantu mengatur sistem pencernaan. Menurut penelitian, plum kering lebih efektif dalam mengobati gangguan pencernaan seperti sembelit.

Baca Juga:  Buah-Buahan Ajaib Ini Bisa Cegah Kanker

Menyehatkan jantung

Rutin mengonsumsi plum bisa meningkatkan kesehatan jantung. Penelitian menunjukkan bahwa plum kering bisa membantu memperlancar aliran darah di arteri sehingga bisa mencegah serangan jantung dan stroke.

loading...
loading...