NTT Siap Jadi Pemasok Sapi ke Jabodetabek Jelang Idul Adha


Pertanianku – Guna memenuhi kebutuhan daging saat Idul Adha pada 1 September mendatang, Nusa Tenggara Timur (NTT) siap memasok sapi ke Jabodetabek. Untuk itu, Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (Ditjen PKH) berupaya mengoordinasi daerah sentra produsen ternak guna memastikan pasokan.

Seperti yang diketahui, bahwa NTT adalah salah satu daerah sentra produsen sapi yang kerap memasok sapi ke sejumlah wilayah di Jabodetabek. Berdasarkan informasi dari Kepala Dinas Peternakan Provinsi NTT Dani Sujadi, jumlah kuota pengeluaran ternak sapi NTT pada 2017 sejumlah 66.300 ekor.

“Menjelang Hari Raya Idul Adha tahun ini, NTT siap untuk memasok sapi. Sebagai gambaran pada tanggal 31 Juli 2017 tersedia stok sapi yang siap dikirim sebanyak 1.790 ekor,” terang Kepala Bidang Agribisnis Peternakan Dinas Peternakan Provinsi NTT, Tay Renggi, mengutip Republika (4/8).

Tay Renggi mengatakan, permintaan pengiriman sapi-sapi tersebut saat ini terutama untuk memenuhi kebutuhan Hari Raya Kurban. Dari stok sapi yang telah siap kirim tersebut, sejak 1 Agustus sudah dikirim sebanyak 500 ekor sapi dari NTT menggunakan kapal kargo dengan tujuan ke Bekasi.

Sementara, Kapal Ternak Camara Nusantara 1 direncanakan akan diberangkatkan dari Tenau pada 3 Agustus 2017 dengan memuat sebanyak 500 ekor untuk dikirim ke Jakarta. Selanjutnya (3/8) akan dikirim kembali 450 ekor dengan menggunakan kapal kargo. Untuk sisanya sebanyak 340 ekor akan diangkut dengan kapal kargo berikutnya.

Namun, naiknya harga sapi juga dikeluhkan oleh masyarakat yang kerap terjadi menjelang Idul Adha. Meningkatnya harga jual sapi di tingkat produsen dan konsumen tersebut dikarenakan adanya peningkatan jumlah permintaan sapi untuk kurban.

Harga kisaran rata-rata sapi yang biasanya dijual Rp43.000—Rp46.000 per kg berat hidup di daerah konsumsi, maka pada saat menjelang Hari Raya Kurban akan dapat mencapai Rp60.000—Rp65.000 per kg berat hidup. Dengan catatan, harga tersebut adalah harga sapi yang diambil pada saat Hari Raya Idul Adha.

Baca Juga:  Tingkat Konsumsi Daging RI Masih Rendah
loading...
loading...