Nugget Pisang, Inovasi Makanan Kekinian Generasi Millenial


Pertanianku — Saat ini, banyak makanan yang berbahan dasar buah pisang. Nah, apakah Anda sudah tahu tentang nugget pisang?

nugget pisang
Google Image

Olahan pisang biasanya tak jauh-jauh dari pisang goreng dan bolu pisang bukan? Pastinya, Anda sudah bosan dengan makanan-makanan tersebut. Nugget pisang inilah salah satu inovasinya. Makanan ini merupakan makanan olahan berbahan pisang dari Makassar.

Nugget yang biasanya identik dengan daging ayam kini dibuat dengan inovasi berbeda, yaitu pisang. Terkadang, kita bosan dengan rasa pisang original. Nah, nugget pisang ini mengadaptasi beberapa varian rasa, tapi tidak melepas keaslian rasa dari pisang tersebut.

Varian rasa dan topping yang dikombinasikan akan semakin menggugah selera Anda. Varian rasa tersebut di antaranya keju, oreo, saus karamel, dan green tea. Banyak peminat yang tertarik mencobanya karena makanan ini sangat unik dengan teksturnya yang lembut dan lumer.

Dari segi pemasaran, kini banyak rumah produksi yang memasarkannya dengan metode daring (online). Dalam layanan free order, satu porsi nugget pisang berisi 10 buah umumnya dibanderol dengan harga Rp25 ribu.

Namun, jika Anda berminat, Anda bisa mencobanya di rumah dengan bahan yang mudah didapat.

Caranya, siapkan buah pisang jenis raja, kepok, atau ambon, kemudian haluskan. Selanjutnya, campur dengan satu buah telur, tepung maizena, susu kental manis dan parutan keju, lalu aduk sampai rata.

Kukus pisang yang telah diberi adonan kurang lebih selama 15 menit. Setelah matang, potong hingga beberapa bagian dengan bentuk kotak-kotak, kemudan lumuri dengan tepung roti. Goreng nugget pisang yang sudah dipotong-potong, lalu untuk sentuhan terakhir Anda bisa beri variasi rasa sesuai kesukaan. Mudah, bukan?

Tahukah Anda? Olahan pisang ini sangat bermanfaat juga bagi kesehatan. Pasalnya, buah pisang dapat melancarkan peredaran darah. Hal ini dapat menekan risiko stroke yang bisa menyebabkan timbulnya gejala penyakit jantung. Selain itu, konsumsi pisang juga dapat membantu pencernaan dan menjaga kesehatan mata.

Baca Juga:  Asiknya Bertanam dan Panen Sayur di Teras Rumah
loading...
loading...