Nutrisi Berlimpah dari Buah Pir Kurangi Risiko Kanker Usus


Pertanianku — Konsumsi buah pir di siang hari sangat cocok untuk meredakan dahaga. Rasanya yang manis dengan kandungan air yang melimpah membuat banyak orang mengatakan ‘ya’ jika ditawari buah berkulit hijau muda ini.

buah pir
Google Image

Tak hanya  soal rasa, nutrisi yang terkandung dalam buah pir juga sangat melimpah dan baik untuk tubuh Anda. Dilansir dari Healthmeup, berikut nutrisi yang akan diterima oleh tubuh saat Anda mengonsumsi buah pir.

  1. Kaya serat

Setiap 100 gram pir mengandung 3,1 g serat yang bernama non-soluble polysaccharide berfungsi sebagai pencahar yang baik. Hal ini membuat kerja usus jadi baik dan mengurangi risiko terkena kanker usus. Selain itu, serat buah pir mampu mengikat racun-racun di usus penyebab kanker.

  1. Kaya vitamin

Buah pir mengandung vitamin D, B12, K, E, C, A dan B, serta mineral yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh, melancarkan aliran darah, dan kesehatan mata. Kandungan vitamin B12, C, E, dan kalium membantu menurunkan tekanan darah. Pir ukuran sedang mengandung 21 mg kalium yang mampu membantu menjaga kesehatan hati dan fungsi otot.

  1. Rendah kalori

Dalam 100 g buah pir, kalori yang tersimpan hanya 58 kalori. Jika ingin menjaga atau menurunkan berat badan, buah ini bisa jadi pilihan yang tepat. Jadi, Anda bisa menjalani diet sehat.

  1. Indeks glikemik rendah

Bagi penderita diabetes, Anda bisa mengonsumsi buah ini karena indeks glikemiknya rendah sehingga tidak menimbulkan lonjakan kadar gula dalam darah.

Biasakan konsumsi buah dalam keseharian Anda untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dalam tubuh. Dengan begitu, Anda bisa menjalani hidup yang sehat dan tidak mudah terserang penyakit yang dapat menghambat aktivitas sehari-hari.

Baca Juga:  Begini Cara Panen Buah Salak yang Benar
loading...
loading...