Nutrisi di Balik Kelezatan Buah Durian

Pertanianku— Siapa yang tidak kenal dengan buah durian, buah dengan kelezatannya dan aromanya yang harum. Namun, banyak juga orang yang tidak menyukai buah durian karena aroma serta rasanya yang dianggap terlalu tajam. Tahukah Anda bahwa durian tidak hanya lezat, tetapi juga mengandung banyak nutrisi. Nutrisi buah durian sangat bervariasi dan bermanfaat untuk kesehatan tubuh apabila dikonsumsi dengan benar.

nutrisi buah durian
foto: Pertanianku

Durian terkenal sebagai sumber karbohidrat, protein, dan lemak. Selain itu, durian juga mengandung gula cukup tinggi, vitamin C, kalium, triptopan, asam amino, dan serotonin. Kandungan gula yang cukup tinggi perlu diwaspadai oleh penderita diabetes.

Di dalam buah berduri ini juga terdapat lemak tak jenuh dan senyawa nitrogen yang cukup tinggi. Senyawa nitrogen tersebut berasal dari asam amino yang diperlukan untuk membentuk protein. Senyawa asam amino yang terdapat di dalam durian antara lain sistin dan metionin. Senyawa tersebut berguna untuk mendukung pertumbuhan rambut dan kuku. Sementara itu, senyawa metionin berkhasiat memperbaiki fungsi ginjal.

Aroma durian yang sangat tajam berasal dari senyawa propanatiol. Senyawa ini sejenis belerang serta beberapa senyawa lainnya.

Buah durian mengandung vlain dan prolin yang dapat berguna untuk memperbaiki fungsi sendi dan tendon serta membantu penyembuhan luka. Selain itu, mengandung asam malic yang berfungsi melancarkan proses pencernaan.

Kandungan lisin, leusin, dan isoleusin dapat membantu penyerapan kalsium yang dapat mendukung pertumbuhan serta perbaikan jaringan otot dan meningkatkan kewaspadaan.

Namun, penderita hipertensi perlu berhati-hati dengan buah yang super legit ini karena durian mengandung natrium dan fosfor yang cukup tinggi. Meskipun kandungan kaliumnya terbilang rendah, tetap saja buah durian bisa meningkatkan tekanan darah.

Baca Juga:  Resep Jus untuk Mencegah Osteoporosis

Kandungan kalsium dan zat besi yang terlalu tinggi di dalam buah durian juga bisa menyebabkan sembelit. Untuk Anda yang tengah menjalani program diet juga perlu waspada karena kandungan kalori di dalam buah durian terbilang cukup tinggi.

Agar dapat menikmati kelezatan buah durian tanpa mengalami efek sampingnya, Anda perlu minum banyak air mineral setelah makan durian. Dan yang terpenting, jangan mengonsumsinya dalam jumlah yang terlalu banyak. Hal ini karena durian bisa menimbulkan efek samping pada tubuh, seperti tubuh terasa lemas, diare, dan mual.

 

 

 

 


loading...