Nutrisi Mineral Untuk Domba

Pertanianku – Tubuh memerlukan mineral untuk membentuk tulang (kerangka), gigi, darah, jaringan tubuh, dan untuk bereproduksi. Mineral juga merupakan komponen enzim yang berfungsi penting dalam proses metabolisme. Untuk pemeliharaan kesehatan tubuh dan keperluan bereproduksi, hanya diperlukan mineral dalam jumlah yang sedikit. Walaupun demikian, tetap saja zat ini mutlak dibutuhkan. Unsur mineral yang dibutuhkan hewan dapat digolongkan ke dalam dua kelompok, yaitu sebagai berikut.

Sejarah beternak Domba

a) Mineral makro, seperti Ca, P, Mg, K, dan NaCl.

Loading...

b) Mineral mikro, seperti Fe, Cu, Mo. Zn, dan Co.

Mineral mikro dibutuhkan dalam jumlah yang lebih kecil daripada mineral makro. Untuk domba yang sedang tumbuh dan regenerasi sel-sel yang berlangsung terus-menerus serta keperluan bereproduksi, dibutuhkan Ca, P, NaCl, Fe, K, dan I. Ternak domba yang ransumnya kekurangan mineral, biasanya akan sering terlihat menjilat tanah (batu merah), dinding, atau kayu.

Sumber mineral umumnya terdapat pada hijauan dan pakan berbutir serta hasil ikutannya. Pakan berbutir kaya akan unsur P, sedangkan hijauan kaya Ca, tetapi unsur P-nya kurang, kecuali hijauan jenis leguminosa. Tepung tulang kaya akan Ca dan P, sedangkan kapur (giling) merupakan sumber Ca yang paling bagus dengan harga yang murah.

 

 

Sumber: Buku Beternak Domba

 

Baca Juga:  Produk-produk Telur Itik yang Laku di Pasaran
Loading...
Loading...