Nutrisi pada Buah Ceri Bisa Mengobati Jet Lag

PertaniankuBuah ceri sering mudah dijumpai pohonnya, tetapi jarang ada yang menjualnya. Namun, masih banyak yang belum mengetahui bahwa buah yang mudah dijumpai ini memiliki nutrisi yang tidak kalah banyak dari buah-buah pada umumnya. Nutrisi buah ceri yang bisa berperan sebagai antikanker adalah isouerxitrin dan quercetin. Kedua senyawa tersebut berkhasiat untuk antikanker, antioksidan, dan antiradang.

buah ceri
foto: pixabay

Nutrisi lainnya di dalam buah ceri adalah flavonoid seperti antosianin dan proanthocyanidins, melatonin, ellagic acid, malic acid, perillyl alcohol, kalium, gula, dan serat. Antosianin dan proanthocyanidins merupakan molekul pigmen yang dapat memberikan warna merah kebiruan pada buah.

Buah ceri biasanya dimakan saat sudah tua, saat kulit buahnya sudah berwarna merah dan buahnya lembek ketika dipencet. Namun, tahukah Anda semakin tua warna buah yang asam ataupun manis, kandungan flavonoid di dalamnya akan semakin tinggi.

Loading...

Kandungan melatonin di dalam buah merah ini merupakan hormon antioksidan yang diproduksi oleh kelenjar pineal manusia dan Anda bisa dapatkan dari buah ceri dengan jumlah yang signifikan.  Melatonin tersebut bisa memengaruhi proses tidur, terutama untuk seorang yang mengalami jet lag atau gangguan tidur karena baru melakukan perjalanan jauh dari daerah yang memiliki perbedaan waktu.

Melatonin juga berkhasiat sebagai antiradang yang mampu melindungi kulit dari paparan sinar ultraviolet matahari.

Selain itu, masih ada khasiat lain yang bisa didapatkan dari melatonin, yakni mampu memperlambat proses penuaan dengan cara menetralisir proses oksidasi dan peradangan yang disebabkan oleh pertambahan umur.

Buah ceri yang asam bisa menjadi sumber vitamin A dan C, tembaga, dan mangan. Sementara itu, buah yang manis bisa menjadi sumber vitamin C dan tembaga yang baik bagi tubuh.

Baca Juga:  Sayuran Amaranthaceae yang Sering Dikonsumsi

Meskipun jarang ada orang yang tertarik untuk menjualnya, ternyata buah ceri mengandung nutrisi yang sangat penting bagi tubuh. Jarangnya penjual ceri juga karena pohon ceri sangat mudah tumbuh di berbagai tempat sehingga orang dengan mudah mendapatkannya di alam.

Setiap ½ cangkir ceri manis atau sekitar 73 gram mengandung 52 kalori, 81 persen air, 12 gram karbohidrat, 1 gram lemak, 2 gram serat, 162 mg kalium, 14 gram fosfor, 8 gram magnesium, 11 gram kalsium, 15 Iu vitamin A, 5 mg vitamin C, dan 3 mikrogram folat.

Loading...
Loading...