Nutrisi Penting pada Daging Ikan Lele

Pertanianku— Siapa yang tidak mengenal ikan lele, ikan air tawar yang sangat mudah dijumpai dan memiliki rasa yang sangat lezat. Bahkan, selama pandemi Covid-19 ini, lele menjadi salah satu ikan air tawar yang paling diminati untuk dibudidayakan karena mudah dan tidak memerlukan perawatan khusus. Nutrisi pada daging ikan lele memang terbilang sangat bagus untuk menjaga kesehatan tubuh.

daging ikan lele
foto: pertanianku

Ikan lele terkenal kaya akan protein. Protein tersebut mengandung asam amino esensial, seperti isoleusin, leusin, lisin, dan fenilalanin dalam jumlah yang cukup banyak. Kandungan lisin dan leusin dalam ikan lele lebih tinggi dibanding protein susu dan daging.

Lisin merupakan asam amino esensial yang dibutuhkan oleh tubuh untuk membentuk antibodi, memperlancar sistem sirkulasi darah, dan mempertahankan pertumbuhan sel-sel normal. Seseorang yang kekurangan lisin akan mudah lelah, sulit berkonsentrasi, rambut mudah rontok, anemia, pertumbuhan melambat, dan mengalami kelainan reproduksi.

Nutrisi penting di dalam daging ikan lele adalah arginin yang berfungsi memproduksi hormon pertumbuhan manusia. Hormon arginine juga mampu menjaga kesehatan otak dan mengurangi pembentukan lemak tubuh serta menghambat pertumbuhan kanker payudara.

Daging ikan lele terkenal kaya akan senyawa mineral makro, mineral mikro, dan vitamin. Kandungan mineral makro di dalam daging terbilang cukup tinggi dibanding telur ayam dan daging sapi.

Kandungan mineral fosfor di dalam ikan lele juga terbilang tinggi. Fosfor berfungsi sebagai pemberi energi dan kekuatan untuk metabolisme lemak dan pati, menjaga kesehatan gigi dan gusi, sintesis DNA, serta mengatur penyerapan dan pemakaian kalsium.

Fosfor bersama kalsium memegang peranan penting untuk membentuk tulang dan gigi. Kedua senyawa tersebut bermanfaat mencegah osteoporosis.

Kandungan mineral lainnya yang tidak kalah penting adalah zat besi. Mineral tersebut sangat berguna untuk membentuk sel darah merah.

Baca Juga:  Bagian Ikan Lele yang Tidak Biasa Tetapi Bisa Dikonsumsi

Fakta unik dari ikan lele yang perlu Anda ketahui ialah semakin besar ukuran lele akan semakin berkurang rasa manis serta gurihnya. Begitu pun dengan tampilan dagingnya. Semakin besar ikan lele, warna dagingnya akan semakin merah, ototnya terlihat lebih kasar dan lebih jelas.

 

 


loading...