Nutrisi Tempe Mampu Meningkatkan Bobot Anakan Hewan Ternak


Pertanianku – Tempe merupakan makanan khas asli Indonesia. Tempe di Indonesia bahkan sangat populer. Ditambah, tempe memiliki segudang manfaat jika kita sering mengonsumsinya. Selain rasanya yang lezat, tempe dijual dengan harga yang cukup terjangkau. Namun, apa jadinya jika tempe dijadikan pakan ternak?

Peneliti dari Departemen Anatomi, Fisiologi, dan Farmakologi Fakultas Kedokteran Hewan, Institut Pertanian Bogor (IPB) menemukan pengaruh yang baik terhadap penambahan ekstrak tempe yang mengandung fitoestrogen pada hewan bunting.

Hewan bunting yang mendapatkan ekstrak tempe memiliki anak dengan bobot badan dan kinerja reproduksi yang lebih baik.

Penelitian berjudul “Pengaruh Pemberian Fitoestrogen pada Masa Kebuntingan dan Laktasi Terhadap Kinerja Reproduksi Anak” ini dilakukan oleh Nastiti Kusumorini (almh.) dan Aryani Sismin S. Penelitian ini menggunakan ekstrak tempe sebagai sumber fitoestrogen.

Fitoestrogen merupakan suatu substrat yang berasal dari tumbuh-tumbuhan yang secara struktur dan fungsi mirip dengan Estradiol (E2). Fitoestrogen ini bisa didapatkan dari kedelai dan produk-produk kedelai.

“Kesimpulan kami adalah pemberian fitoestrogen yang berasal dari ekstrak tempe pada saat bunting dan menyusui dapat mempengaruhi kinerja reproduksi anak jantan hingga usia pra pubertas. Sedangkan pada anak betina pemberian fitoestrogen mempengaruhi hingga usia dewasa kehamilan,” ujar Aryani seperti melansir laman Ipb.mag.ipb.ac.id.

Aryani menjelaskan bahwa, sistem peredaran darah induk dan anak merupakan satu kesatuan sistem sirkulasi. Kesatuan sistem sirkulasi ini menyebabkan hadirnya hormon-hormon pada sirkulasi darah induk juga akan masuk ke dalam sirkulasi anak pada saat kebuntingan.

Baca Juga:  Budidaya Tokek Itu Gampang, Begini Caranya!
loading...
loading...