Nutrisi yang Harus Ada pada Pakan Sapi Potong

PertaniankuPakan sapi potong memiliki peranan yang sangat penting untuk mendorong pertumbuhan sapi. Sapi umumnya membutuhkan air, protein, hidrat arang, lemak, mineral dan vitamin.

pakan sapi potong
foto: Pertanianku

Air

Tubuh ternak terdiri atas kurang lebih 70 persen air. Jika tubuh sapi mengalami pengurangan air hingga 20 persen, anak sapi tersebut akan mati. Oleh karena itu, kebutuhan air untuk sapi harus dipenuhi secara terus-menerus melalui air minum, kandungan air di dalam pakan, dan air yang berasal dari proses metabolisme zat pakan di dalam tubuh.

Pakan hijauan segar atau rerumputan umumnya mengandung air sebanyak 85 persen. Sementara itu, pakan biji-bijian mengandung air sebanyak 10—25 persen. Sapi memerlukan 3—6 liter air per 1 kg pakan kering.

Protein

Kebutuhan protein sapi dapat dipenuhi dari pakan hijauan seperti daun turi dan daun lamtoro. Selain itu, kebutuhan protein juga dapat dipenuhi dari biji-bijian seperti bungkil kedelai dan bungkil kacang tanah.

Kekurangan protein dapat menyebabkan tubuh sapi tidak bisa membuat dan memelihara jaringan di dalam tubuh. Akibatnya, pertumbuhan terganggu dan penimbunan daging menjadi turun.

Hidrat arang

Hidrat arang digunakan oleh hewan sebagai sumber energi untuk memenuhi keperluan proses hidup. Hidrat arang dapat dipenuhi dari hijauan dan biji-bijian.

Lemak

Lemak dapat diperoleh dari hewan itu sendiri, protein, dan hidrat arang. Setelah hidrat arang dan protein dicerna dan diserap oleh tubuh hewan, sebagiannya diubah menjadi lemak. Sementara itu, lemak yang berasal dari bahan pakan diubah menjadi pati dan gula yang digunakan sebagai sumber energi atau disimpan di dalam jaringan sel sebagai lemak cadangan.

Kebutuhan lemak dapat dipenuhi dari pakan berbutir seperti bungkil kacang tanah, dan bungkil kelapa. Makanan hijauan sebenarnya mengandung lemak, hanya saja kadarnya sangat rendah hanya sekitar 1 persen.

Baca Juga:  Kiat-kiat Beternak Cacing Sutera di Nampan

Mineral

Sumber mineral bagi sapi adalah padi-padian yang mengandung banyak fosfor dan pakan kasar yang mengandung bannyak kalsium. Sapi yang kekurangan mineral cenderung suka memakan tanah.

Vitamin

Vitamin diperlukan untuk mempertahankan kondisi kesehatan dan kekuatan tubuh. Kekurangan vitamin rawan terjadi pada musim kemarau yang panjang karena jumlah pakan hijauan sangat terbatas.