Obat Balur Propolis untuk Menurunkan Demam

Pertanianku —   Demam merupakan bentuk pertahanan tubuh dari infeksi yang sedang terjadi di dalam tubuh karena sebagian besar demam disebabkan oleh infeksi dan penyakit. Demam yang terjadi saat masih diambang batas wajar masih bisa ditangani dengan obat-obat sederhana seperti obat balur yang terbuat dari propolis untuk menurunkan demam.

menurunkan demam
foto: pertanianku

Anda sudah dikatakan demam jika suhu tubuh sudah mencapai lebih dari 37°C. Untuk menjaga tubuh tetap aman terkendali pada saat demam, Anda harus tetap menjaga asupan air mineral, istirahat yang cukup, dan mengonsumsi obat penurun demam.

Anda juga bisa menggunakan obat balur propolis yang terkenal bisa menyembuhkan berbagai jenis penyakit ringan hingga berat, termasuk untuk menurunkan demam. Propolis bisa dikonsumsi dengan berbagai cara, salah satunya dibuat menjadi obat balur yang digunakan untuk seluruh bagian tubuh.

Loading...

Bahan yang digunakan untuk membuat penurun demam ini terbilang sederhana dan mudah untuk didapatkan serta mudah untuk dibuat sendiri di rumah. Berikut ini resepnya obat balur propolis.

Bahan-bahan:

  • 5 tetes propolis cair
  • 1 siung bawang merah
  • 1 sendok makan minyak habbatussauda
  • 1 sendok makan minyak kelapa

Cara membuat:

  1. Kupas bawang merah, lalu cuci bersih. Iris tipis-tipis bawang, lalu letakkan pada piring.
  2. Campur irisan bawang merah dengan minyak kelapa dan minyak habbatussauda. Aduk rata sambil meremas-remas bawang merah hingga keluar aromanya.
  3. Tambahkan propolis cair, lalu aduk hingga rata.

Ramuan ini digunakan dengan cara dibalurkan ke seluruh bagian tubuh, terutama pada bagian perut, dada, leher, punggung, kaki, dan tangan. Biarkan bagain tubuh yang terkena obat balur tersebut hangat. Setelah dioleskan, gunakan pakaian hangat untuk memancing keringat keluar sehingga suhu tubuh menjadi normal kembali.

Baca Juga:  Manfaat Kunyit untuk Kesehatan Ternak

Propolis bisa menjadi antibiotik alami yang menyembuhkan berbagai jenis penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri, salah satunya adalah  untuk menurukan demam.

Namun, jika demam yang dialami sudah sangat tinggi dan menimbulkan gejala-gejala lainnya, sebaiknya periksakan diri Anda ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat dari dokter.

Loading...
Loading...