Obat Diare dari Daun Salam

Pertanianku— Diare merupakan masalah di sistem pencernaan yang bisa disebabkan oleh banyak faktor. Salah satunya, keracunan makanan yang menyebabkan masuknya bakteri jahat ke dalam perut atau makan terlalu pedas. Anda bisa membuat obat diare dari daun salam yang sangat mudah untuk didapatkan. Mengingat, daun salam merupakan salah satu rempah bumbu dapur yang pasti selalu ada.

obat diare
foto: pertanianku

Daun salam dikenal sebagai rempah karena bisa menambah aroma serta rasa pada masakan. Daun salam memiliki beberapa nama lokal, seperti ubar serai, manting, gowok, dan maselengan. Nama ilmiah daun salam adalah Syzygium polyanthum yang banyak dijumpai di daerah pegunungan dan hutan. Daun salam juga relatif mudah ditanam di area pekarangan rumah atau kebun karena tanamannya berakar tunggang.

Selain menjadi bumbu pelengkap pada masakan, daun salam bisa digunakan untuk mengobati diare. Penggunaan daun salam sebagai obat diare memiliki banyak keuntungan, seperti mudah didapatkan, obat yang digunakan alami, dan kemungkinan risiko efek sampingnya sangat kecil.

Loading...

Dalam daun salam terdapat senyawa yang berperan sebagai antibakteri. Daya antibakteri tersebut yang sering digunakan untuk mengatasi permasalahan diare. Selain daunnya, ternyata bagian kulit pohon dan buah salam juga bisa diolah menjadi obat antidiare.

Untuk mengobati diare, daun salam harus diolah terlebih dahulu menjadi ramuan obat herbal. Bahan-bahan yang dibutuhkan sangat sederhana, hanya membutuhkan garam dan air. Langsung saja, simak ulasan resep ramuan obat diare dari daun salam.

Bahan-bahan:

  • Daun salam segar 15 lembar
  • Garam secukupnya
  • Air 2 gelas

Cara membuat:

Cuci bersih daun dan rebus dengan dua air gelas hingga mendidih atau selama 15 menit. Masukkan sedikit garam dan diamkan hingga dingin. Setelah dingin, saring air rebusan dan air rebusan sudah siap untuk diminum.

Baca Juga:  Cara Menanam Kacang Panjang yang Benar

Air rebusan tersebut diminum sekaligus habis. Lakukan pengobatan secara rutin setiap hari untuk mendapatkan hasil yang optimal. Selain itu, jangan lupa untuk makan makanan bergizi dan perbanyak istirahat dan minum air putih agar tubuh cepat sembuh dari diare.

 

 

Loading...
Loading...