Obat Herbal dari Bawang Daun

PertaniankuBawang daun merupakan sayuran tambahan yang sering digunakan untuk menambah aroma, cita rasa, serta warna pada piring saji. Sayuran ini lebih sering digunakan pada makanan berkuah seperti soto dan sup. Bawang daun ternyata juga bisa digunakan sebagai obat herbal untuk mengatasi masalah kesehatan tertentu.

bawang daun
foto: pixabay

Sayuran hijau ini memiliki nama ilmiah Allium fistulosum lebih dikenal dengan nama daun bawang. Di beberapa daerah nama sayuran ini berbeda-beda. Seperti di Sunda, namanya bawang bakung. Sementara itu, di Jawa, tanaman ini memiliki banyak nama sebutan seperti bawang uncang, bacang cina, bawang inggris, bawang kap, dan bawang ancang. Masyarakat Sumatera mengenal sayuran ini dengan nama anda bawang dan dasung tungga.

Tanaman ini dapat tumbuh hingga setinggi 60—70 cm. Bagian yang bisa dimanfaatkan dari tanaman ini adalah daunnya. Sayur ini mengandung minyak esensial. Unsur utama di dalam minyak esensial itu adalah allicin, dialil sulfide, dan kalsium oksalat.

Loading...

Dari kandungan tersebut sayuran ini bisa digunakan untuk menyembuhkan penyakit pilek, demam dan flu, menjaga kesehatan jantung, menjaga kesehatan kulit, diabetes, cacingan, infeksi dan luka, menghambat jamur kulit, serta basil disentri.

Bawang daun yang dimemarkan hingga menghasilkan allicin dan ditambahkan ke dalam sup bisa berfungsi untuk menurunkan kolesterol, antibakteri, antivirus, antijamur, dan bisa digunakan untuk menurunkan tekanan darah.

Bagian daun yang diremas-remas hingga lembut bisa ditempelkan pada bagian yang bengkak, bisul, dan iritasi karena gigitan serangga atau lebar.

Daun bawang baik digunakan untuk menjaga kesehatan jantung seseorang karena mengandung polisulfida yang dapat melindungi gejala penyakit jantung yang terjadi sewaktu-waktu.

Hingga saat ini belum ada kontraindikasi yang membahas efek samping dari penggunaan sayur ini untuk kesehatan manusia. Pemanfaatan herba ini pun sangat mudah dan bisa dicampurkan ke dalam menu masakan yang lezat sehingga tidak terasa pahit seperti ramuan herbal pada umumnya.

Baca Juga:  Khasiat Bambu Kuning untuk Mengobati Kolesterol dan Hepatitis

Setelah ini, saat menemukan bawang daun dalam mangkuk sup atau soto sebaiknya jangan disingkirkan. Konsumsi saja agar manfaat kesehatannya tidak terbuang, lagi pula tidak terlalu berasa jika disantap bersamaan dengan makanan utamanya.

Loading...
Loading...