Obat Herbal dari Daun Cocor Bebek

Pertanianku Cocor bebek populer di kalangan pencinta tanaman hias kareana bentuknya yang indah. Tanaman ini juga bisa ditemukan tumbuh liar di daerah kebun-kebun atau di pinggir parit yang berbatu. Cocor bebek juga bisa berfungsi sebagai tanaman obat herbal yang bisa digunakan untuk menyembuhkan penyakit tertentu secara alami.

cocor bebek
foto: https://distan.sukabumikota.go.id/

Nama ilmiah tanaman ini adalah Bryophyllum pinnatum (Lam.). Di beberapa daerah nama tanaman ini berbeda-beda, seperti ceker itik, suru bebek, sosor bebek, teres, didingin beueu, mamala, rau kufri, kabi-kabi, daun ancar bebek, dan daun ghemet.

Tanaman ini dapat tumbuh hingga satu meter dengan batang yang tegak, lunak, bersegi empat, dan beruas-ruas. Daun tanaman tunggal berbentuk lonjong, tebal, dan bertangkai tebal. Bunga cocor bebek majemuk berbentuk malai, kelopaknya silindris dengan warna merah keunguan dan mahkotanya berbentuk corong berwarna merah. Sementara itu, bagian buahnya berbentuk kotak, berwarna ungu bernoktah putih.

Loading...

Bagian yang bisa dimanfaatkan menjadi obat herbal adalah daunnya. Pada bagian daun terdapat asam malat, damar, zat lendir, magnesium malat, kalsium oksalat, asam formiat, saponin, flavonoid, dan tannin.

Dari kandungan tersebut, tanaman ini bisa mengobati luka, demam, nyeri lambung, bisul, memar, reumatik, dan wasir. Untuk merasakan khasiatnya, Anda harus mengolahnya terlebih dahulu menjadi ramuan herbal.

Cara pembuatannya pun sangat mudah. Misalnya untuk menurunkan demam, Anda hanya tinggal menumbuk daun secukupnya dan balurkan ke dahi. Untuk menyembuhkan luka, gunakan cara yang sama, balurkan tumbukan daun pada bagian yang luka.

Untuk mengatasi masalah nyeri lambung, peras daun dan kemudian berikan sedikit garam. Minum ramuan tersebut pada saat nyeri lambung datang. Anda juga bisa membuatnya menjadi bubuk kering, lalu diseduh sebagai teh untuk menyembuhkan wasir.

Baca Juga:  Jus yang Berkhasiat untuk Kesehatan Pencernaan

Tanaman hias yang memiliki daun tebal ini ternyata mengandung banyak mineral yang berguna untuk menjaga kesehatan. Ada beberapa penelitian yang mengatakan daun cocor bebek berguna untuk mencegah pertumbuhan kanker. Di Bahama, tanaman ini sering dijadikan teh untuk mengobati asma.

Tanaman ini tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil karena bisa merangsang kontraksi rahim dan jangan digunakan secara terus-menerus karena bisa merusak sistem kekebalan tubuh. Bagi Anda penderita jantung, sebaiknya konsultasikan ke dokter sebelum menggunakannya.

 

 

Loading...
Loading...