Obat Keseleo dari Bahan Alami

PertaniankuKeseleo merupakan kejadian yang dapat dialami oleh siapa saja dan terjadi secara tidak sengaja. Terkadang keselo juga terjadi saat berolahraga. Jika keseleo yang terjadi tidak terlalu parah, dapat diobati sendiri dirumah dan menggunakan obat keseleo dari bahan alami.

keseleo
foto : pixabay

Namun, jika Anda keselo cukup parah, sebaiknya bawa diri ke tenaga medis ahli untuk mendapatkan tindakan penanganan yang tepat.

Keseleo dapat terjadi ketika Anda terjatuh dan mendarat pada posisi yang salah, bertabrakan dengan benda atau orang lain, ataupun saat berolahraga. Pada saat itu, engkel Anda cedera dan secara tidak sengaja ligamen Anda tertarik melampaui kemampuannya sehingga membuat ligamen terpelintir atau robek. Hal inilah yang menyebabkan keselo terjadi.

Loading...

Bagian tubuh Anda yang keseleo akan terasa nyeri di sekeliling sendi. Selain itu, juga akan timbul memar dan bengkak pada sendi. Akhirnya, sendi tidak akan mampu menahan beban tubuh. Jika keseleo terjadi sangat parah, dapat menyebabkan ligamen rusak.

Penanganan pertama saat terjadi adalah dengan berhenti beraktivitas untuk mencegah cedera semakin parah. Selanjutnya, aplikasikan handuk yang membalut es pada area cedera selama 15—20 menit dan obati keseleo dengan obat keseleo dari beberapa bahan alami berikut.

Ramuan daun sirih

Bahan-bahan:

  • Daun sirih 10—15 gram
  • Air panas 50 ml

Cara membuat ramuan ini adalah dengan meremas daun sirih bersama air panas. Daun sirih yang sudah diremas dibalurkan ke atas bagian yang sedang keseleo sebanyak 1—2 kali, masing-masing dilakukan dalam kurun waktu 1—2 jam.

Ramuan daun sengon, jeruk nipis, bawang putih

Bahan-bahan:

  • Daun sengon 14—15 gram
  • Daun jeruk nipis 1—3 lembar
  • Bawang putih 1 siung
  • Rimpang jeringau 5—10 gram
  • Cuka bali 4—5 gelas
Baca Juga:  4 Ramuan Pereda Bengkak dan Memar

Cara membuat ramuan ini adalah dengan menumbuk halus seluruh bahan, lalu bahan yang telah halus diperas. Air hasil perasan dapat dibalurkan pada bagian tubuh yang terasa sakit sebanyak 2—3 kali dalam sehari.

Ramuan daun asam jawa

Bahan yang dibutuhkan adalah daun asam jawa segar secukupnya. Cara membuat ramuan ini adalah dengan menumbuk daun asam jawa hingga halus menjadi bubur, lalu tempelkan ramuan pada bagian yang sakit.

Loading...
Loading...