Olahan Bawang Merah Punya Daya Jual Tinggi

Pertanianku — Bawang merah umumnya dipasarkan dalam bentuk segar. Sebagian masyarakat mengenal olahan bawang merah sebatas untuk bawang goreng atau campuran acar. Padahal, salah satu pelengkap masakan ini bisa diolah menjadi sedemikian rupa. Bahkan, olahan bawang merah memiliki daya jual yang tinggi.

olahan bawang merah
Foto: Pixabay

Produk olahan bawang merah tersebut memang belum begitu populer di Indonesia, namun prospek usaha ke depannya cukup menjanjikan. Melansir Republika, Kasubdit Pengolahan Hasil Hortikultura Kementerian Pertanian, Dyah Ismayaningrum, saat dihubungi di Jakarta (24/8) menyebut pergeseran pola konsumsi masyarakat saat ini menuntut segalanya serba praktis dan instan dalam memasak.

“Bumbu dapur termasuk bawang merah yang siap pakai kian diminati. Terlebih banyak ibu muda yang tidak terbiasa mengupas dan menumbuk bawang merah. Maunya yang tinggal pakai. Di sinilah prospek bisnis pasta dan minyak bawang merah,” kata wanita yang akrab dipanggil Ima tersebut.

Loading...

Lebih lanjut ia mengatakan, sampai saat ini masih sedikit industri olahan pasta bawang merah. Sementara baru ada di Brebes, Solok, dan Jakarta.

“Padahal, sentra bawang merah tersebar di berbagai daerah di Indonesia mulai dari Aceh Tengah, Karo, Simalungun, Kerinci, Lampung Selatan, Bandung, Pantura Jawa Barat, Pantura Jawa Tengah, Nganjuk, Probolinggo, Sumenep, Pamekasan, Bangli, Enrekang, Bantaeng, Palu, Minahasa, Bima, Sumbawa Kupang, Manggarai, Belu, Maluku Tenggara hingga Sorong Papua Barat,” sebut dia.

Selain pasta, kata Ima, produk olahan minyak bawang merah juga potensial dikembangkan. “Di pasaran sebetulnya minyak bawang merah ini sudah banyak beredar, namun impor dari Cina dan Thailand. Produk buatan dalam negeri masih sangat terbatas,” terangnya.

Ia juga menjelaskan bahwa Balai Besar Pascapanen Litbang Pertanian sudah mencoba mengembangkan produk minyak ini. Pihaknya pun segera mensosialisasikan pentingnya olahan minyak bawang ke sentra-sentra bawang merah untuk membantu petani terutama saat musim panen raya.

Baca Juga:  Jangan Dibuang! Jadikan Kepala Udang sebagai Camilan

“Tentunya olahan minyak bawang merah membantu saat terjadinya panen raya. Industri olahan bisa menjadi salah satu solusi,” katanya.

Minyak bawang merah merupakan minyak yang mengandung banyak senyawa flavour. Aroma dan rasanya seperti bawang merah meskipun berbentuk minyak. “Jadi, kalau para ibu muda pakai minyak ini untuk memasak, tidak perlu menambahkan rempah bawang merah lagi karena rasa bawang merah sudah ada di minyak tersebut,” imbuhnya..

Ima menyebutkan, berdasarkan hasil penelitian, produk minyak bawang merah tersebut tahan disimpan hingga 6 sampai 12 bulan dan tidak membutuhkan tempat penyimpanan khusus.

Loading...
Loading...