Olahan Biji Nangka yang Tak Kalah Nikmat

Pertanianku — Nangka merupakan buah yang banyak dikonsumsi masyarakat. Rasanya yang manis dan legit serta aromanya yang harum membuat buah ini tak pernah sepi penggemar. Sayangnya, banyak orang masih belum mengetahui bahwa olahan biji nangka juga tak kalah nikmat dari buahnya.

olahan biji nangka
Foto: pixabay

Biji nangka sendiri bisa ditemukan di bagian dalam nangka. Berbeda dengan buahnya yang berwarna kuning menyala, biji nangka memiliki warna yang lebih pucat. Teksturnya keras dengan ukuran biji yang relatif besar, yakni memiliki ukuran sedikit lebih kecil daripada biji durian.

Beberapa olahan biji nangka yang bisa Anda konsumsi sebagai berikut.

Keripik biji nangka

Buah nangka sudah sering diolah menjadi keripik. Buahnya yang manis diiris tipis-tipis dan dipanaskan dalam suhu tertentu hingga teksturnya menjadi renyah. Namun, belum banyak yang tahu mengenai keripik biji nangka yang satu ini.

Cara membuatnya pun sederhana. Anda hanya perlu mengukus biji-biji nangka tersebut hingga teksturnya menjadi lunak. Jika sudah, lumatkan biji nangka. Campurkan dengan tepung terigu, maizena, garam, dan margarin secukupnya.

Adonan tersebut kemudian dibentuk pipih seperti keripik. Panaskan keripik di dalam oven dengan suhu 82 derajat Celcius. Keripik pun siap disajikan dan dikemas jika sudah kering dan dingin.

Kue muffin nangka

Varian lain olahan biji nangka yang bisa Anda buat adalah kue muffin. Kue yang satu ini menggunakan nangka sebagai campuran adonan dan biji nangka yang sudah dikukus dan dipotong dadu terlebih dahulu.

Anda bisa membuat adonan muffin seperti biasa. Kemudian, tambahkan nangka yang sudah dihaluskan dengan blender. Semakin banyak nangka yang Anda tambahkan, rasa dan aroma nangka kue muffin juga akan semakin pekat.

Baca Juga:  Kiat Sukses Meningkatkan Hasil Rendemen Minyak Atsiri

Taburkan potongan dadu biji nangka di atas adonan muffin sebelum dikukus. Nantinya, biji nangka ini akan masak dan menjadikan tekstur kue muffin beragam.

Biji nangka rebus

Walaupun diolah dengan cara yang sangat sederhana, biji nangka rebus tak kalah lezat. Cara membuatnya adalah dengan merebus biji nangka dalam air mendidih. Tambahkan garam agar biji nangka memiliki rasa.

Jika sudah matang, angkat dan siap disajikan. Jangan lupa untuk mengupas biji nangka sebelum dikonsumsi karena bagian luar biji ini berupa kulit yang cukup keras.


loading...