Olahan Buah Durian yang Wajib Anda Coba

Pertanianku — Kelezatan buah durian sudah sangat terkenal di Indonesia, meskipun tidak semua orang menyukainya. Aroma yang tajam serta rasa yang unik membuat para pecinta durian rela merogoh kocek lebih dalam untuk merasakan sensasi menikmatinya. Di Indonesia terdapat olahan buah durian yang tidak kalah lezat dari daging buah segar.

olahan buah durian
foto: Pertanianku

Berikut ini beberapa jenis olahan buah durian yang wajib Anda coba.

Tempoyak

Tempoyak merupakan bumbu masakan yang terbuat dari fermentasi daging durian. Olahan ini sangat cocok untuk orang yang kurang menyukai aroma durian yang menusuk. Tempoyak sering digunakan sebagai bumbu masakan yang dapat menambah rasa gurih dan asam pada masakan.

Buah durian yang sudah matang difermentasikan dengan sedikit garam selama beberapa hari. Tempoyak merupakan bumbu khas orang Melayu di Sumatera dan Kalimantan, terutama di Jambi.

Kinca durian

Bosan makan durian dengan cara yang biasa-biasa saja? Atau, ingin membuat durian menjadi terasa lebih menghangatkan? Anda bisa mengolah daging durian menjadi kinca durian. Orang Palembang menyebutnya sebagai kolak durian.

Kinca durian paling nikmat disantap dengan beras ketan yang sudah dikukus, lalu disiram dengan kinca durian di atasnya. Kudapan ini memiliki perpaduan rasa yang lezat, manisnya buah durian yang bersatu dengan gurihnya ketan, dijamin bikin Anda susah lupa dengan rasanya.

Martabak durian

Gurihnya kulit martabak bersatu dengan rasa daging durian yang lumer di mulut membuat pecinta durian akan ketagihan dengan kudapan yang satu ini.

Seluruh makanan olahan durian tersebut harus dibuat dari daging buah durian yang enak. Jika daging buah durian yang digunakan kurang nikmat, olahan yang dihasilkan pun menjadi kurang lezat.

Ada beberapa jenis buah durian yang lezat untuk diolah, seperti durian duri hitam, pelangi, musang king, merah banyuwangi, monthong, matahari, dan bawor. Sebagian jenis durian tersebut merupakan durian lokal yang rasanya lezat dan harganya masih terjangkau.

Baca Juga:  Agave sisalana, Penghasil Serat Sisal yang Ramah Lingkungan

 

 


loading...