Olahan Kubis Kreatif untuk Menu Sarapan

Pertanianku — Apakah Anda memiliki anak kecil yang sulit mengonsumsi sayuran? Kini, sudah banyak makanan berbahan sayuran yang bisa dinikmati dengan rasa yang lezat. Salah satu menu yang bisa Anda buat adalah olahan kubis kreatif berikut sebagai menu sarapan.

olahan kubis kreatif
Foto: freepik

Selain untuk si kecil, menu yang satu ini juga bisa membantu program diet. Menu kubis keju kukus berikut diolah dengan cara dikukus sehingga tidak membutuhkan minyak goreng yang berpotensi meningkatkan asupan lemak jenuh bagi tubuh.

Kubis atau kol sendiri merupakan salah satu sayuran daun yang mudah ditemui. Mulai dari pasar tradisional sampai supermarket ternama, pasti bisa ditemukan sayuran berbentuk bola ini.


Loading...

Manfaat kubis bagi kesehatan juga bisa diperoleh dari kandungan seratnya. Selain itu, kubis kaya akan vitamin C dan vitamin K. Kedua jenis vitamin ini bagus untuk meningkatkan daya tahan dan juga berperan dalam pembekuan darah. Kubis juga mengandung mineral lain seperti kalsium dan kalium.

Bahan lain yang tak kalah baik untuk kesehatan adalah keju. Diolah dari susu, keju memiliki banyak kebaikan susu mulai dari protein, vitamin, dan mineral. Terutama, keju mengandung kalsium dan fosfor yang baik bagi tulang.

Bahan-bahan yang dibutuhkan pun cukup sederhana dan mudah ditemukan. Anda perlu menyiapkan 2 butir telur, 1 genggam kubis, ½ sendok teh garam, 2 siung bawang putih, merica bubuk ¼ sendok teh, dan keju sesuai selera. Pilih keju yang mudah meleleh agar memberikan rasa dan tekstur yang lebih disukai.

Cara membuat kubis keju kukus sebagai berikut. Pertama, pecahkan telur dalam wadah, kocok hingga tercampur. Iris kubis tipis-tipis setelah sebelumnya dicuci terlebih dahulu. Irisan kubis yang tipis ini akan memudahkan saat pengadukan adonan dan juga saat penyajian, yakni lebih mudah diambil dengan sendok. Kemudian, haluskan bawang putih

Jika sudah, campurkan bahan-bahan tersebut ke dalam telur. Kubis, garam, bawang putih, dan merica diaduk bersama telur hingga seluruhnya rata. Siapkan wadah tahan panas yang akan digunakan untuk pemasakan.

Ketiga, siapkan air dalam panci kukus untuk mengukus. Pada wadah tahan panas tersebut, masukkan adonan secukupnya. Di bagian atas, beri keju sesuai selera. Sebaiknya, pilih keju yang mudah meleleh agar teksturnya lebih memikat.

Kukus selama kurang lebih 15 menit hingga matang. Ciri kubis keju kukus yang sudah matang adalah telur sudah cukup keras dan tidak lagi berbentuk cair. Angkat dan tiriskan. Tambahkan daun seledri yang sudah diiris tipis jika Anda suka. Menu ini juga bisa dibuat pedas dengan menambahkan cabai atau saus.

Loading...
Loading...