Olahan Lezat Pudding Buah Naga Merah

Pertanianku — Puding sudah lama menjadi makanan penutup favorit banyak orang. Tak cuma karena rasanya yang nikmat, bentuk dan warnanya yang menarik juga turut membuat orang menggemarinya. Potensi inilah yang bisa dimanfaatkan untuk memasarkan puding buah naga merah.

puding buah naga merah
Foto: pixabay

Buah naga merupakan buah yang cukup banyak terdapat di Indonesia. Jika memasuki waktu panen, harga jual buah naga bisa relatif lebih murah dan lebih mudah ditemukan. Selain itu, kandungan gizi dan nutrisinya yang tinggi, baik untuk tubuh. Rasanya yang enak membuat buah naga dan olahannya banyak disukai.

Olahan puding buah naga merah belum terlalu banyak dipasarkan. Jika Anda tertarik dengan menu ini, potensi pasar yang bisa dibidik adalah rumah tangga, sekolah, kantor, ataupun acara instansi.


Loading...

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat puding buah naga merah:

  • 250 gram buah naga merah, haluskan terlebih dahulu
  • Potongan buah naga sesuai selera
  • 1 bungkus jeli bubuk rasa tawar
  • Setengah bubuk agar-agar putih rasa tawar
  • 275 gram gula pasir
  • 2 butir putih telur yang sudah dikocok hingga kaku
  • Susu UHT 250 mililiter. Jika lebih suka rasa puding yang lebih gurih, Anda bisa menambahkan takarannya atau menambahkan susu bubuk skim.
  • 750 mililiter air

Cara membuat puding buah naga merah dapat dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini. Ada dua resep yang harus dibuat, yaitu puding buah naga dan puding susu sebagai sausnya. Pembuatan puding buah naga merah dapat mengikuti petunjuk berikut.

Pertama, campurkan bahan-bahan buah naga halus, jeli bubuk, sebagian gula pasir sejumlah 150 gram, dan air. Masak campuran tersebut hingga mendidih sambil sesekali diaduk. Jika sudah, angkat puding yang belum dibekukan tersebut.

Kedua, tuang puding ke dalam cetakan yang sudah disediakan. Pastikan puding terisi setengah cetakan tersebut. Masukkan potongan buah naga ke dalamnya.

Jika sudah, kini saatnya membuat puding susu. Pertama, campurkan bahan berupa susu, gula, dan agar-agar. Masak campuran tersebut hingga mendidih. Jika sudah, campurkan putih telur yang sudah dikocok. Kedua, siram ke atas lapisan puding buah naga merah. Jika sudah, tunggu hingga dingin.

Loading...
Loading...