Olahan Mengkudu, Suplemen untuk Ayam Ternak

0

Pertanianku – Mengkudu merupakan tanaman obat yang tumbuh di daerah tropis ini tumbuh dengan subur dan mudah ditemukan di Indonesia. Mengkudu juga banyak digunakan karena memiliki manfaat yang melimpah. Tahukah Anda manfaat mengkudu salah satunya adalah sebagai suplemen bagi ternak, khususnya ayam.

Suplemen ini diperoleh dari ampas buah mengkudu yang berasal dari limbah perasan sari mengkudu yang masih mengandung senyawa bioaktif polifenol dan saponin.

Produk olahan mengkudu memiliki permintaan pasar yang terus meningkat. Oleh karena itu, limbah ampas mengkudu yang melimpah berpotensi untuk dijadikan sebagai pakan imbuhan pada ayam.

Bioaktif ampas mengkudu dapat digunakan sebagai imbuhan pakan dan dapat meningkatkan efisiensi penggunaan ransum khususnya pada ayam petelur. Bobot telur dan produksi yang tinggi pada ayam yang mendapat perlakuan ampas mengkudu karena efek satu atau lebih senyawa bioaktif seperti alkaloid, bitters, flavonoids, glycosida, saponin, dan tanin yang terkandung dalam ampas mengkudu.

Senyawa polifenol pada tanaman yang berhubungan dengan aktivitas metabolisme hewan dapat berupa antrakinon yang bersifat antibakteri. Manfaat ampas mengkudu adalah sebagai imbuhan pakan pada ayam dan senyawa bioaktif menggantikan peran antibiotika.

Proses pembuatan ampas mengkudu dimulai dengan pencucian buah, kemudian dipress dengan tekanan 100 bar. Ampasnya dioven pada suhu 60°C, kemudian digiling dan dicampurkan ke dalam ransum untuk diberikan kepada ayam.

loading...
loading...