Omega-3 Pada Ikan Lebih Ampuh Cegah Kanker


Pertanianku — Penelitian terbaru mengungkapkan bahwa asam lemak omega-3 pada ikan lebih kuat dibanding biji rami dan minyak lainnya dalam upaya pencegahan kanker.

omega-3 pada ikan
Foto: Google Image

Studi yang diterbitkan dalam Journal of Nutritional Biochemistry itu menyebutkan bahwa omega-3 berbasis laut delapan kali lebih efektif untuk menghambat perkembangan dan pertumbuhan tumor daripada sumber nabati.

“Penelitian ini adalah yang pertama untuk membandingkan potensi melawan kanker dari omega-3 yang berasal dari tanaman versus laut pada pengembangan tumor payudara,” kata David Ma, Profesor di University of Guelph di Ontario, dilansir dari The Indian Express, Senin (29/1).

“Ada bukti bahwa omega-3 dari tumbuhan dan sumber laut sangat protektif terhadap kanker dan kami ingin menentukan bentuk mana yang lebih efektif,” lanjut dia.

Ada tiga jenis asam lemak omega-3, yaitu asam linolenat (ALA), asam eicosapentaenoic (EPA), dan docosahexaenoic acid (DHA). ALA berbasis nabati dan ditemukan pada biji yang dapat dimakan seperti biji rami dan minyak, kedelai, kanola, dan minyak rami. Sementara, EPA dan DHA ditemukan dalam kehidupan laut seperti ikan, ganggang, dan fitoplankton.

Penelitian tersebut melibatkan pemberian berbagai jenis omega-3 pada tikus dengan bentuk kanker payudara manusia yang sangat agresif, disebut HER-2.

“Tikus terkena omega-3 yang berbeda bahkan sebelum tumor berkembang, yang memungkinkan kita untuk membandingkan seberapa efektif asam lemak dalam pencegahan,” kata David.

Paparan keseluruhan omega-3 berbasis laut mengurangi ukuran tumor 60—70 persen, dan jumlah tumor sebesar 30 persen. Namun, studi tersebut mengatakan, dosis yang lebih tinggi dari asam lemak nabati diwajibkan untuk memberikan dampak yang sama seperti omega-3 berbasis laut.

David menjelaskan, omega-3 mencegah dan melawan kanker dengan menyalakan gen yang terkait dengan sistem kekebalan tubuh dan menghalangi jalur pertumbuhan tumor. Ia juga mengatakan, berdasarkan dosis yang diberikan dalam penelitian tersebut, manusia harus mengonsumsi dua sampai tiga porsi ikan sepekan untuk mendapatkan efek yang sama.

Baca Juga:  Mengenal Lele Mutiara, Varietas Lele Dumbo Unggulan
loading...
loading...