Oscar si Ikan Hias Air Tawar

Pertanianku Jenis ikan oscar merupakan ikan yang hidup di air tawar. Ikan ini memiliki nama Latin Astronotus oceliatus. Ikan ini berasal dari Amerika Selatan. Mereka merupakan hewan omnivora. Makanan ikan oscar antara lain ikan kecil, moluska, dan binatang avertebrata.

Jenis ikan oscar
Foto: pixabay

Ikan ini sudah terkenal sering dipelihara dalam akuarium air tawar. Ikan jenis ini bersama-sama dengan ikan louhan, ikan maskoki, ikan koi, ikan arwana, dan ikan cupang merupakan jenis ikan air tawar paling banyak dipelihara sebagai ikan hias.

Spesies lain yang masih satu marga dengan ikan oskar adalah Astronotus crassipinnis. Namun, ikan ini lebih jarang diekspor dan dijual sebagai ikan hias.

Loading...

Nama spesies ikan oskar, yaitu ocealiatus diambil dari bahasa Latin, yang memiliki arti ‘mata yang kecil’. Mata tersebut sesuai dan menjadi salah satu ciri ikan ini. Spot hitam yang terlihat di bagian pangkal ekor tampak seperti mata.

Ikan oscar berwarna hitam, kelabu, kecokelatan, hingga hijau zaitun. Namun, beberapa jenis lain memiliki warna krem dan kekuningan. Yang paling istimewa dari ikan hias ini adalah corak abstrak yang tampak seperti batik.

Warna corak ikan oscar umumnya cerah seperti kuning, oranye, hingga merah. Seringkali, corak ini membentuk huruf atau tulisan. Semakin unik bentuk corak, semakin mahal harganya.

Warna corak ini bisa memudar atau bertambah pekat, tergantung dari asupan nutrisi yang diterimanya. Perubahan warna juga dapat terjadi karena pertambahan usia. Semakin tua, asupan nutrisi yang mencukupi akan memperlihatkan warna corak ikan oscar yang semakin cerah dan menarik.

Ikan oscar dapat tumbuh hingga setengah meter. Berat ikan oscar bisa mencapai lebih dari 1,5 kilogram. Di habitat aslinya di Amerika Selatan, ikan ini mampu mencapai keadaan optimal tersebut. Sementara, di akuarium, umumnya ikan oscar tumbuh sepanjang 20—30 cm.

Baca Juga:  Daya Tarik Ikan Arwana Papua

Ikan oscar dikenal sebagai ikan yang agresif dan tidak cocok tinggal bersama jenis ikan lain. Namun, ia tetap bisa tinggal dalam satu akuarium yang sama dengan jenis ikan satu marganya yang lain.

Beberapa sifat ikan oscar yang dominan antara lain agresif, bersifat predator, berkelompok, dan tenang.

Loading...
Loading...