Mengenal Otter, si Mamalia Cerdas


Pertanianku – Otter atau yang biasa dikenal dengan berang-berang merupakan hewan karnivora yang hidup dengan menghabiskan waktunya untuk mencari makan di sungai. Ikan dan keong adalah makanan kesukaan hewan satu ini. Otter merupakan hewan yang beraktivitas di siang hari. Otter merupakan hewan yang cerdas, oleh karena itu, sirkus sering menggunakannya sebagai salah satu hewan pada pertunjukannya.

Otter, Si Mamalia Cerdas

Georgian Marcello satu ketua komunitas otter Indonesia, dilansir dari jitunews, Senin (28/3), menuturkan, berang-berang merupakan salah satu hewan yang tingkat kecerdasannya bisa disamakan dengan anjing. Hewan ini bisa dilatih untuk melakukan hal yang biasa dilakukan oleh anjing.

Selain Marcello, Agus Hediana, peternak otter di Bandung, pun mengakui bahwa Otter punya kecerdasan lebih dibandingkan binatang lainnya. Hanya kurang dari seminggu, hewan ini sudah bisa buang kotoran di tempat yang sudah disediakan, ungkap Agus.

Dalam melatih peliharaannya tersebut, Agus mengaku menghabiskan waktu selama seminggu agar arahannya bisa mengerti oleh otter peliharaannya. Soal makanan, ia pun tak ingin memberi sembarangan makanan kepada binatang pemakan daging itu. Makanan otter itu harus daging, karena di habitat aslinya memang seperti itu, Agus menuturkan.

Dalam memelihara hewan satu ini, Agus tidak mengejar keuntungan. Satu yang pasti, ia hanya punya misi ingin menyelamatkan binatang yang hampir punah itu. Otter termasuk binatang predator, kalau sampai punah bisa mengganggu rantai makanan. Saya ingin menciptakan breeding otter (penangkaran berang-berang) untuk mencegah kepunahan,” tuturnya.

Baca Juga:  Leonardo DiCaprio, Kumbang Air Spesies Baru Asli Indonesia
loading...
loading...