Overproduksi, Harga Teh Turun Drastis

Pertanianku Harga teh dunia dipastikan turun drastis pada 2019 ini. Penyebab utamanya adalah adanya oversupply yang disebabkan oleh overproduksi untuk teh hitam di seluruh dunia.

Harga teh dunia
Foto: pixabay

Hal ini disampaikan oleh Nugroho B. Koesnohadi selaku Ketua Asosiasi Petani Teh Indonesia (Aptehindo). Dikutip dari bisnis.tempo.co.id, Nugroho mengungkapkan penurunan ini terjadi karena produksi berlebih di seluruh penjuru dunia.

Suplai teh dunia melonjak drastis, sedangkan di tingkat global, permintaan tidak bertambah. Melihat tren ini, dikhawatirkan harga teh dunia pun akan turun.

Loading...

Namun, harga serapan teh dunia hingga akhir 2019 ini diperkirakan masih dapat meningkat 2—3 persen. Realisasi ini diharapkan akan lebih tinggi dari tahun lalu, yakni 50 persen dari total produksi sebanyak 140 ribu ton.

Pernyataan ini dikeluarkan oleh Dewan Teh Indonesia yang diwakili oleh Suharyo. Menurut asosisasi ini, harga teh pada 2019 masih mengalami kenaikan di tingkat dunia berdasarkan kemungkinan serapan tersebut.

Indonesia sendiri mengalami kenaikan produktivitas teh pada 2019 dibanding 2018. Tahun ini, produksi teh mencapai 1.800 ton. Jumlah tersebut mengalami peningkatan sebesar 40 persen bila dibandingkan pada 2018 lalu. Produksi teh juga telah mencapai target di awal 2019 silam, tepatnya sudah mencapai 114 persen pada target Maret 2019.

Namun, harga teh yang diproduksi di Indonesia pun beragam. Harga teh dibanderol berdasarkan kualitasnya. Sebagai gambaran, teh kualitas premium yang diproduksi oleh perkebunan Indonesia dijual kurang lebih seharga Rp28.000 per kilogram.

Teh sendiri dijual berdasarkan kualitas produksinya. Beberapa jenis teh yang merupakan teh premium dapat dihargai dengan harga yang cukup tinggi. Namun, teh hitam pada umumnya memang memiliki harga yang lebih rendah daripada teh hijau.

Baca Juga:  Kabupaten Pasuruan Didapuk sebagai Sentra Percontohan Produksi Sapi

Hingga Agustus 2019, harga teh hitam menyentuh angka US$ 1,55 per kilogram. Harga teh hijau sedikit lebih baik, yakni US$2 per kilogram.

Perbedaan harga ini dikarenakan popularitas teh hijau dengan kandungan anti-oksidan yang lebih tinggi daripada teh hitam. Selain itu, proses produksi teh hijau juga lebih sulit daripada teh hitam yang mengalami oksidasi enzimatis.

Loading...
Loading...