Pabrik Pakan Perikanan Indonesia Siap Beroperasi Februari 2019


Pertanianku Pabrik pakan ikan perdana milik Perusahaan Umum Perikanan Indonesia (Perum Perindo) ditargetkan akan segera beroperasi pada 2019. Kapasitas produksi pabrik mencapai 15.000 ton per tahun dan bakal diperuntukkan memenuhi kebutuhan internal dan untuk dijual ritel.

Pabrik pakan ikan
Foto: Google Image by Rumah Mesin

Sekretaris Perum Perindo, Agung Pamujo menyampaikan, pabrik yang terletak di Subang, Jawa Barat, ini menghabiskan investasi senilai Rp165 miliar. Dana tersebut berasal dari dana tambahan penyertaan modal negara (PMN) sejak 2015 silam.

“Pembangunan fisik dijadwalkan selesai akhir Desember 2018 dan siap produksi dijadwal Februari 2019,” kata Agung seperti dikutip Kontan.co.id.

Pabrik ini diperkirakan akan memberi kontribusi sebesar 25% atau setara Rp300 miliar dari target omzet pada 2019 yang dipatok pada angka Rp1,4 triliun.

Menurut Agung, hasil produksinya akan digunakan untuk menolak kebutuhan internal Perindo atau setara 30% dan untuk dijual ritel.

Ia bahkan memperkirakan, setiap bulan, pabrik ini dapat menyumbangkan pendapatan hingga Rp30 miliar per bulan.

Untuk pemenuhan bahan baku pakan, Perum Perindo mengakui masih melakukan impor untuk sejumlah komponen utama tertentu. “Yaitu tepung ikan dan bungkil kedelai,” katanya.

Baca Juga:  Perusahaan Listrik Negara NTT Menanam 6.500 Aneka Pohon