Pahami Cara Ini untuk Menanam Anggur di Pekarangan

Pertanianku — Anggur merupakan tanaman buah yang tumbuh merambat sehingga dapat dijadikan pohon yang meneduhkan rumah. Terlebih saat ini sudah banyak bermunculan tren menanam anggur di pekarangan di berbagai kota, seperti di Kota Madiun, Situbondo, Kediri, dan Probolinggo.

menanam anggur di pekarangan
foto: unsplash

Menanam anggur di pekarangan memang berfungsi untuk penghijauan. Selain itu, ada juga yang memanfaatkan kegiatan ini sebagai bisnis untuk mendapatkan keuntungan. Dua hal yang bisa Anda dapatkan langsung ketika memulai kegiatan ini adalah menambah keindahan dan keuntungan.

Agar Anda dapat dengan mudah mempelajari atau mengenal lebih jauh lagi bagaimana cara yang tepat untuk menanam anggur sendiri di rumah, perhatikan beberapa konsep dasar di bawah ini.

Loading...

Anggur suka cahaya matahari

Anggur merupakan tanaman yang menyukai kehadiran sinar matahari di sepanjang hari. Oleh karena itu, letakkan tanaman anggur di tempat terbuka yang terkena sinar matahari secara langsung.

Anda juga harus memerhatikan sudut datangnya cahaya agar tanaman dapat terus disinari cahaya matahari langsung secara sehari penuh. Umumnya, beberapa orang yang menanam anggur akan memperhitungkan arah mata angin, dengan membentangkan tanaman dari arah utara ke selatan.

Mengkreasikan bentuk batang

Anggur merupakan tumbuhan yang merambat. Semakin menua, akan semakin banyak cabang pohon yang merambat. Oleh karena itu, Anda perlu melakukan pemangkasan dan pelatihan bentuk agar tanaman dapat terlihat lebih indah dan mudah untuk dirawat.

Anggur tidak suka genangan

Buah ini cukup sensitif dengan hujan dan banjir. Anggur juga tidak suka tergenang air. Oleh karena itu, sebaiknya Anda memastikan anggur tumbuh di tempat yang memiliki sistem drainase yang baik. Air hujan yang menimpa pohon anggur juga dapat memengaruhi produksi buah.

Baca Juga:  Menanam Jambu Air Madu Deli yang Lebih Senang Berbuah di Musim Kemarau

Hal ini bisa Anda siasati dengan menanam anggur di waktu yang tepat. Dengan begitu, saat pohon berbuah, curah hujan sedang tidak tinggi.

Hindari tempat penanaman di sekitar pohon besar

Karena buah ini sangat menyukai cahaya sinar matahari, tempatkan pohon jauh dari naungan bayangan pohon besar yang menghambat paparan sinar matahari mengenai tanaman.

Loading...
Loading...