Pahami Sistem Pencernaan Domba agar Pemberian Pakan Tepat

Pertanianku — Domba merupakan hewan ternak ruminansia yang memiliki sistem pencernaan unik. Sistem pencernaan domba dikatakan unik karena domba hanya mengunyah sebentar dan akhirnya ditelan serta dicampur dengan saliva yang berada di dalam mulut untuk melumasi pakan tersebut.

pencernaan domba
foto: pertanianku

Sistem pencernaan domba akan berlanjut ke esophagus menuju rumen atau ruang fermentasi, reticulum, omasum, abomasum, usus halus, jejunum usus besar, dan anus.

Pakan yang pertama kali ditelan akan masuk ke rumen. Rumen tersebut mengandung mikroorganisme, bakteri, dan protozoa yang akan menghancurkan dan mencerna pakan berserat. Jumlah mikroorganisme di dalam rumen mencapi 20 biliun pada setiap satu sendok teh. Masa hidup mikroorganisme tersebut terbilang singkat dan setelah mati akan dicerna serta diserap oleh susu domba.

Loading...

Mikroba tersebut mengandung banyak nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh domba, misalnya lemak, karbohidrat, proten, mineral, dan vitamin.

Mikroorganisme akan bekerja di dalam saluran pencernaan domba dan menghasilkan produk sampingan berupa asam lemak yang mudah terbang (volatile fatty acid). Asam lemak tersebut akan diserap melalui dinding-dinding rumen melalui penonjolan-penonjolan seperti handuk dan bernama vili. Selain itu, mikroorganisme tersebut juga menghasilkan nutrisi yang diserap dari rumen.

Setelah difermentasi, pakan akan bergerak ke reticulum, otot-otot di dalam reticulum akan bekerja membentuk pakan menjadi bolus. Nah, salah satu keunikannya terletak pada tahap ini. Domba sering melakukan ruminansi atau memamah biak, apalagi saat sedang istirahat. Saat itu, bolus akan naik kembali ke mulut untuk dikunyah agar menjadi lebih halus. Setelah halus, pakan tersebut akan turun kembali dan masuk ke reticulum.

Reticulum sangat rentan terkena tusukan yang disebabkan oleh benda tajam yang bisa menyebabkan penyakit. Oleh karena itu, Anda harus hati-hati saat memberikan pakan ke domba, pastikan tidak ada bahan tajam yang berbahaya. Pasalnya, reticulum terletak dekat dengan jantung.

Baca Juga:  Permasalahan yang Kerap Timbul Saat Penetasan Telur Itik

Setelah itu, omasum akan menerima campuran pakan dan air. Di omasum, sebagian besar air tersebut akan diserap. Selanjutnya, sebagian besar sistem pencernaan akan diselesaikan di aboamasum atau perut sejati. Abomasum akan menghasilkan nutrien dari pakan yang dibutuhkan oleh domba.

Nutrien tersebut akan diserap di dinding usus halus domba. Bahan-bahan yang tidak tercerna akan bergerak ke cecum dan kemudian akan disekresikan sebagai feses.

 

Loading...
Loading...