Pahami Syarat Tumbuh Pisang Sebelum Membudidayakannya dalam Skala Besar

Pertanianku — Di Indonesia, siapa yang tidak kenal pisang? Tanaman yang berbuah sepanjang tahun ini selain rasanya lezat juga praktis dikonsumsi. Buah yang digandrungi banyak orang ini sudah banyak dibudidayakan di hampir semua daerah di Indonesia.

syarat tumbuh pisang
Foto: unusplash

Jika ingin melakukan budidaya tanaman pisang, ada beberapa syarat yang harus Anda pahami penuhi sebelum membudidayakan pisang dalam skala yang lebih besar. Berikut ini syarat-syarat tumbuh pisang.

Ketinggian lokasi

Loading...

Tanaman pisang terkenal mudah tumbuh di mana saja. Namun untuk penanaman skala budidaya, ada baiknya ditanam pada ketinggian tidak lebih dari 1.600 mdpl. Pisang-pisang jenis tertentu seperti pisang ambon, nangka, dan tanduk dapat tumbuh dengan baik di bawah ketinggian 1.000 mdpl.

Iklim

Pertumbuhan pisang akan optimal pada iklim tropis basah, lembap, dan panas. Habitat asli pisang di Asia Tenggara sangat cocok dengan iklim tersebut. Walaupun demikian, pisang juga dapat tumbuh di daerah subtropis dan minim air. Hal ini karena air masih bisa disuplai oleh batang pisang yang berair. Meskipun begitu, hasilnya tidak akan optimal.

Curah hujan

Agar hasil panen optimal, curah hujan di lokasi menanam pisang sebaiknya berkisar 1.520—3.800 mm per tahun dengan dua bulan kering atau 2.000—2.500 mm per tahun dengan paling tidak curah hujan mencapai 100 mm per bulan.

Hujan juga harus diimbangi dengan penyerapan ketinggian air tanah supaya pohon pisang tidak tergenang. Jika musim kering terjadi berkepanjangan, pisang butuh tambahan pengairan.

Suhu udara

Suhu yang cocok untuk budidaya pisang berkisar antara 15—35 oC.  Suhu optimum jika Anda ingin hasil panen maksimal sebaiknya adalah 25 oC hingga 38 oC.

Media tanam

Tanaman buah yang satu ini dikenal membutuhkan banyak nutrisi sehingga Anda sebaiknya menanamnya di tanah berhumus dan dilakukan pemupukan. Air pada media tanam tidak boleh berlebihan sampai tergenang, tapi juga tidak boleh kekurangan.

Baca Juga:  Kelebihan dan Kekurangan Menanam Pohon Jambu Biji dari Benih Biji

Tanah untuk bertanam pisang haruslah yang mudah meresapkan air. Pisang tidak hidup pada tanah dengan kandungan garam 0,07 persen. Sebaliknya, pisang dapat tumbuh pada daerah yang mengandung humus, kapur, atau tanah berat.

Loading...
Loading...