Pakan Alami Ikan Arwana

Pertanianku — Ada banyak hewan hidup yang bisa dijadikan pakan alami ikan arwana. Pakan tersebut mengandung banyak serat yang berguna untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan ikan arwana. Salah satu manfaat yang bisa didapatkan dari pakan alami ikan arwana adalah merangsang masa kawin. Berikut ini beberapa pakan alami untuk ikan arwana yang bisa Anda berikan.

pakan alami ikan arwana
foto: pertanianku

Aneka ikan hidup

Ikan konsumsi dan ikan hias yang berukuran kecil bisa menjadi pakan bagi ikan arwana, seperti ikan gupi, moli, plati koral, dan benih ikan mas. Ikan kecil relatif lebih mudah diperoleh dan tidak akan membusuk jika tidak langsung habis. Namun, Anda harus berhati-hati saat ingin memberikan ikan kecil sebagai pakan karena ikan tersebut berpotensi membawa parasit dan penyakit.

Loading...

Selain itu, ikan kecil biasanya lebih sering berada di bagian dasar akuarium, sedangkan ikan arwana jarang berada di bagian dasar kolam. Jika terus-terusan dibiarkan, hal tersebut dapat menyebabkan mata ikan arwana menjadi juling.

Kelabang atau lipan

Lipan yang berjenis Scolopendra gigentea yang berasal dari Amerika dan Scolopendia moritans dari Eropa Selatan bisa dijadikan pakan ikan arwana. Kelebihan kelabang sebagai pakan adalah tidak menularkan penyakit pada ikan. Selain itu, ketika dimasukkan ke kolam, kelabang dapat membuat ikan arwana semangat menyantapnya. Kelabang juga lebih sering berada di permukaan air sehingga memudahkan arwana menyantapnya.

Konon kelabang merupakan pakan alami yang sangat disukai oleh arwana. Kelabang bisa membuat warna tubuh ikan menjadi lebih cerah.

Jangkrik

Jangkrik merupakan sumber protein yang baik untuk ikan arwana. Selain itu, mampu mencerahkan warna arwana sehingga tampil berkilau.

Katak

Katak merupakan pakan alami yang tidak dijual. Pemelihara arwana hanya memberikan katak secara insidentil. Jenis katak yang bisa dijadikan pakan adalah katak sawah Rana cancrivora yang berbadan kecil.

Baca Juga:  Cara Panen Benih Ikan Lele yang Benar

Kadal

Kadal yang berukuran kecil banyak dijual untuk dijadikan pakan ikan arwana. Kadal dapat bertahan lebih lama dibandingkan kelabang.

Udang

Udang yang sering digunakan sebagai pakan ikan arwana adalah udang tawar atau udang pasar. Udang sangat baik untuk pertumbuhan warna ikan. Namun, Anda harus berhati-hati saat memberikan udang karena udang mengandung banyak bakteri jika sudah membusuk. Sebelum diberikan, buang terlebih dahulu kepala dan kulit tubuhnya.

Loading...
Loading...